Thursday, June 30, 2016

Cara Membuat Blog di Blogspot

Tulisan pertama di Blog baru Saya ini akan mengupas seputar Blogspot atau yang juga dikenal dengan Blogger. Sengaja menulis ini karena nantinya semua isi dari blog ini akan membahas seputar blog mulai dari Blogspot, Wordpress dan jenis blog lainnya. Kenapa Saya memilih Blogspot alasannya karena pertama kali mengenal Blog sekitar tahun 2006 dimulai dengan Blogspot.

Kenapa Saya menggunakan Blogspot alasannya adalah gratis tidak perlu membeli hosting dan dapat diedit dengan mudah untuk widget, template dan lainnya tidak seperti blog Wordpress gratis dimana untuk Template tidak dapat di edit dan kapasitas hosting yang di sediakan hanya sebesar 3 GB.

Membuat Blog terutama berplatform Blogspot amat sangat mudah, untuk pemula mungkin juga tidak akan kesulitan. Blogsot seperti diketahui adalah milik perusahaan raksasa Google, semua fitur Google saat ini sudah terintegrasi dengan satu akun email, jadi untuk membuat Blogspot hanya di butuhkan akun email Gmail saja. Untuk membuat akun Gmail silakan baca penjelasan lengkapnya di artikel Cara membuat Akun Gmail.

Pada minggu ini sedang ramai di bicarakan bahwa domain blogspot.com yang selama ini digunakan akan diganti dengan domain googleblog.com. Blogspot memang pada awalnya dimiliki oleh  Pyra Labs bukan milik Google namun pada tahun 2003 resmi di akuisisi oleh Google. Dari pengamatan sementara saat ini domain tersebut belum aktif, jika nantinya berganti maka otomatis akan di redirect otomatis. Permasalahannya nantinya adalah pada Feed, jika nantinya sudah otomatis redirect maka perlu mengganti feed.

Langkah pertama untuk membuat Blogspot adalah masuk ke situs utama yaitu www.blogger.com, jika sudah masuk Sobat akan diminta untuk memasukkan akun Gmail yang sudah di buat sebelumnya. Setelah proses login Gmail maka Sobat tampilan akan seperti pada gambar di bawah ini.


Silakan tekan saja menu yang bertuliskan Lanjutkan ke Blogger, tampilan berikutnya adalah dasbord Blogspot yang sudah jadi. Sampai tahap ini Sobat sudah berhasil membuat Blog namun belum memiliki URL atau domain Blogspot. 



Untuk membuat URL Blog atau blogspot silakan tekan menu Blog Baru seperti pada gambar diatas. Sobat akan di minta untuk memasukkan Judul dan Alamat Blog seperti pada gambar dibawah ini.


Untuk membuat Judul (No. 1) silakan sesuaikan dengan Keyword atau kata kunci yang ada pada Google AdWords: Keyword Planner. Tujuanya adalah untuk memudahkan dalam SEO. Pada Blog yang Saya gunakan ini menggunakan judul Blogger Indonesia.

Alamat (No. 2) adalah domain yang nantinya akan digunakan. Untuk pemilihan alamat ini gunakan saja domain yang lebih mudah diingat dan simpel, tujuannya adalah agar pembaca blog akan mudah mengingat jika suatu saat ingin mengunjungi kembali blog Sobat.  Saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pemilihan domain ini pada artikel berikutnya. Silakan isi saja nama domain cukup dengan alamat tanpa menuliskan tambahan blogspot.com sebagai contoh nama domain yaitu kangali-id, jika terdapat tulisan Maaf, alamat blog ini tidak tersedia artinya nama domain sudah digunakan oleh orang lain, silakan cari nama domain lainnya.

Nama dan Judul domain sudah sesuai silakan klik menu Buat blog!, sampai tahap ini Sobat sudah memiliki Blogspot dan sudah dapat menggunakannya. Untuk membuat Blog lainnya caranya adalah sama. Satu akun Gmail hanya dapat digunakan untuk maksimal 100 akun Blogspot. Jika ingin membuat akun Blogspot lebih dari 100 silakan buat akun Gmail yang baru.

Proses pembuatan Blogspot selesai. Untuk diketahui Blogspot memiliki aturan yang harus ditaati oleh pengguna, jika Blog melanggar aturan maka Google dapat menghapus tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk diketahui juga bahwa orang lain atau pembaca Blog juga dapat melaporkan Blog dan ini juga dapat mengakibatkan Blog dihapus oleh Google. Silakan sampaikan dikolom komentar jika ada pertanyaan, Kita diskusikan bersama.

No comments:

Post a Comment