Friday, July 1, 2016

Cara Instal Template Custom Blogspot

Template custom Blogspot berbeda dengan template bawaan Blogspot, bedanya adalah pada cara menginstal. Template bawaan akan otomatis terinstal pada saat membuat blog namun untuk template custom terutama yang membeli jadi atau dari jasa pembuat template maka cara instalnya juga akan berbeda. Permasalahan yang sering dialami oleh Blogger adalah pada saat menginstal custom template tidak jadi atau malah menjadi rusak.

Permasalahan ini biasanya di sebabkan kesalahan pada saat menginstalnya saja. Karena pada dasarnya sudah ada template bawaan maka pada saat diinstal template baru ada file template yang bentrok sehingga template menjadi rusak. Atau biasanya menginstal langsung dengan menggunakan menu upload. Agar tidak terjadi kesalahan silakan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pada saat membeli template atau mendownload template custom gratisan, pembuat template akan memberi file dalam bentuk Notepad atau .txt. Jenis file ini yang nantinya di instal ke Blogspot. Buka file tersebut ke dalam Notepad jangan langsung di upload. Jika sudah dibuka biarkan saja, silakan sobat masuk ke menu dasbord blogspot.

Pilih menu Template kemudian silakan pilih menu Edit HTML. Detailnya seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah masuk ke menu HTML Blog silakan klik tepat pada kolom kotak yang berisi kode HTML silakan pilih klik dimana saja. Pada keyboard tekan saja menu Ctrl + A atau menu select all. Jika sudah terblok silakan tekan menu Delete menggunakan keyboard. Sebelum menghapus untuk berjaga-jaga silakan simpan terlebih dahulu template lama caranya cari menu Cadangkan / Pulihkan yang terdapat pada pojok kanan atas sebelah kiri gambar roda gigi, pilih menu Unduh template lengkap.


Jika sudah terhapus tahapan selanjutnya buka kembali menu Notepad yang berisi kode HTML template Blog hasil download. Copy semua file caranya tekan tombol Ctrl + A selanjutnya silakan pastekan pada kolom HTML.

Penting : Sebelum mengganti template pastikan semua widet yang sudah terinstal di Blog sebelumnya silakan hapus terlebih dahulu atau silakan copy terlebih dahulu. Jika sudah terinstal silakan pasang kembali widget. Tujuannya adalah agar file tidak bentrok. Proses pergantian template selesai, jika ada pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment