Monday, July 18, 2016

Cara Mengatasi Koneksi Internet Mati pada Modem Speedy/IndoHome

Koneksi internet mati adalah hal yang biasa terjadi pada pengguna Speedy / IndiHome atau jenis layanan internet lainnya. Ada banyak hal yang menyebabkan koneksi mati, biasanya pada saat pertama kali berlangganan permasalahan ini akan sering terjadi. Selebihnya sesuai dengan pengalaman Saya tidak terjadi gangguan kecuali sebab alam seperti kabel internet putus karena pohon tumbang atau sebab alam lainnya.

Karena terjadi masalah pada saat awal berlangganan dan tidak memiliki pengalaman yang terjadi biasanya Kita otak-atik sendiri berdasarkan tutorial yang di dapat dari blog atau situs lainnya. Kesalahan mengotak-atik ini menyebabkan permasalahan tidak terselesaikan, tidak memahami inti masalah dan solusinya salah.

Permasalahan ini juga pernah Saya alami, seminggu berlangganan Speedy tiba-tiba koneksi interet mati selama lebih dari 4 jam. Terlalu lama menunggu teknisi dari Speedy Saya coba otak-atik namun tidak berhasil, saat koneksi Speedy sudah diperbaiki teknisi namun koneksi masih mati, ternyata pengaturan di modem Speedy yang Saya lakukan sendiri salah, maklum karena tidak pengalaman. Berdasarkan pengalaman ini Saya akan membagi tutorial cara mengatasi modem Speedy yang mati beserta solusinya.

Untuk sekedar pemberitahuan saat ini layanan Speedy sudah tidak ada lagi berganti dengan IndiHome, namun demikian untuk pengguna Speedy masih tetap menggunakan layanan dengan nama yang sama dan layanan yang sama.

Saya menggunakan modem bawaan dari Speedy/IndiHome yaitu TP LINK TD-W8951ND. Kenali terlebih dahulu masalah yang terjadi pada koneksi internet Speedy. Caranya adalah dengan melihat pada modem yaitu pada bagian yang tidak menyala pada lampu indikator. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Modem dalam kondis normal

Jika kondisi normal maka semua lampu indikator Speedy / IndiHome akan menyala secara sempurna seperti pada gambar diatas. Keterangan detail untuk gambar diatas adalah:
  • A : Lampu indikator Power.
  • B : Lampu indikator koneksi antara jaringan Speedy dengan Modem
  • C : Lampu indikator yang menandakan modem terkoneksi dengan PC atau Laptop
  • D : Lampu indikator WiFi
  • E : Lampu indikator Lan yang menandakan Modem terkoneksi dengan PC atau Laptop

Mengenali Permasalahan pada modem Speedy / IndiHome.
Mengenali masalah pada modem akan memudahkan dalam memperbaiki atau jika Sobat ingin mengotak-atik sendiri. Berikut ini beberapa permasalahan yang pernah Saya alami saat menggunakan modem Speedy / IndiHome.

Masalah #1 Koneksi Mati Total
Jika terjadi gangguan koneksi dari server Speedy atau IndiHome maka lampu yang mati adalah B dan C. Saat terjadi masalah ini biarkan saja karena permasalahan ini bukan pada modem namun pada jaringan Speedy atau IndiHome.

Jika koneksi Speedy tidak lagi bermasalah atau sudah diperbaiki oleh teknisi Speedy maka otomatis lampu indikator B dan C akan menyala dengan sendirinya.

Masalah #2 Koneksi Lancar namun Tidak dapat digunakan. 
Untuk menandakan koneksi dari Speedy ke modem lancar maka semua lampu indikator menyala kecuali lampu indikator C. Bisanya penyebab dari masalah ini adalah kesalahan mengotak-atik pengaturan di modem Speedy / IndiHome.

Permasalahan ini pernah Saya alami disebabkan karena pada masalah #1. bermaksud ingin membetulkan sendiri namun malah tidak dapat digunakan sama sekali. Permasalahan ini terjadi karena Kita mereset pada modem yaitu tombol kecil yang ada dibagian belakang modem sehingga pengaturan kembali ke awal.


Untuk mengatasi silakan persiapkan kertas atau berkas yang di dapatkan pada saat berlangganan Speedy. Berkas ini berisi username dan password bawaan untuk Speedy. Untuk lebih jelasnya seperti pada gambar di bawah ini.


Pada bagian atas (tanda panah) terdapat 12 digit angka nomor Speedy, nomor ini adalah username bawaan Speedy Anda, atau nomor ini yang digunakan untuk membayar tagihan Speedy. Hal penting yang perlu untuk di catat adalah password bawaan Speedy yaitu yang tertera pada bagian kanan tengah (tanda panah), password ini terdiri atas kombinasi huruf dan angka yang terdiri dari 10 karakter. Jika sudah silakan masuk ke tahap berikut ini.
  1. Buka browser kemudian ketik 192.168.1.1 > Jika proses atau loading lama atau tidak dapt masuk ke menu TP Link silakan matikan PC / Laptop atau restart, matikan juga modem Speedy. Jika sudah silakan kembali buka browser bisa Chrome atau lainnya kemudian ketik kembali 192.168.1.1
  2. Jika sudah masuk ke menu TP Link (Diperlukan Otentikasi) silakan masukkan password dan username sama yaitu admin. kemudian klik Log In
  3. Selanjutnya pilih pada menu Interface Setup > pada kolom VPI isi dengan : 8 > pada kolom VCI isi dengan 81. Penting untuk di ketahui kode VPI dan VCI sesuai dengan daerah masing-masing, untuk Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi menggunakan angka yang sama.> pada kolom username silakan masukkan username yaitu 12 digit angka nomor Speedy. Untuk password adalah pasword yang juga di dapat pada saat awal berlangganan Speeedy (10 karakter).
  4. Masih pada menu Interface Setup > Silakan geser kursor ke bawah kemudian pilih pada menu Default Route > klik pada Yes > langkah terakhir teka menu SAVE. 
  5. Proses selesai. Silakan matikan modem dan PC. Kemudian nyalakan kembali. 
Masalah #3 Lampu indikator D atau WiFi tidak menyala
Untuk mengatasi masalah ini silakan tekan tombol pada bagian belakang modem, ada dua tombol hitam kecil, pilih pada bagian kiri atau yang bertuliskan WiFi

Sampai sejauh ini hanya ada 3 masalah yang pernah Saya alami selama menggunakan Speedy/IndiHome. Penting untuk di ketahui jika mengalami permasalahan pada koneksi Speedy sebaiknya tidak menelpon ke 147. Berdasarkan pengalaman Saya menelpon beberapa kali namun tanggapan tidak selalu sesuai dengan harapan. Dari pada menghabiskan pulsa lebih baik menghubungi via social media bisa lewat twitter atau Facebook. Berdasarkan pengalaman tanggapan juga sama seperti saat menggunakan layanan telepon 147. Untuk alamat twitter dari teklom adalah @TelkomCare dan untuk Facebook adalah www.facebook.com/TelkomSolutionID.

Demikian tutorial cara mengatasi koneksi internet Speedy atau IndiHome jika ada pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar, kita diskusikan bersama.

No comments:

Post a Comment