Sunday, July 3, 2016

Cara Menggunakan Aplikasi Android di Komputer /PC

Android pada awal diluncurkan adalah sistem operasi yang hanya dapat digunakan di Smartphone, seiring perkembangan kini Android dapat digunakan di berbagai perangkat seperti TV, Head unit audio mobil (Andorid Auto), jam tangan dan juga dapat dijalankan di Komputer atau PC. Dikabarkan saat ini Google sebagai pemilik Android sedang mengembangkan komputer atau laptop yang nantinya dapat menjalankan semua aplikasi Android.

Sampai saat ini untuk dapat menggunakan aplikasi Android di Komputer membutuhkan emulator yang didapat dari pihak ke-3. Emulator yang ada saat ini beragam pilihan, salah satunya adalah BlueStacks. Pada awal dirilis BlueStacks hanya dapat dijalankan di PC atau Komputer / Laptop saja namun kini sudah merambah ke Televisi.

Versi terbaru dari BlueStacks kini sudah memiliki fitur penting yaitu Maps yang artinya BlueStacks dapat menjalankan fungsi yang berhubungan dengan Maps seperti aplikasi chat WeChat untuk fitur people nearby (orang disekitar), BeeTalk dengan fitur look around dan juga Google Maps.


Untuk dapat menggunakan BlueStacks dibutuhkan spesifikasi PC yang cukup tinggi. RAM yang digunakan minimal 2 GB, kapasitas penyimpanan atau memory hardisk minimal 9 GB. 2 syarat ini harus dipenuhi jika tidak maka aplikasi BlueStacks tidak dapat digunakan di PC. Selain syarat memori, spesifikasi dari PC juga harus memenuhi dalam hal aplikasi pendukung. Khusus untuk pengguna Windows silakan baca detailnya disini.

Pada tutorial kali ini Saya menggunakan PC jenis Windows 7. Untuk jenis PC lainnya caranya hampir sama. Jika proses gagal artinya memang harus ada aplikasi pendukung yang harus di instal terlebih dahulu.

Instal Aplikasi BlueStacks di PC.
Silakan masuk ke situs resmi dari BlueStacks di www.bluestacks.com. Otomatis BlueStacks akan mendeteksi lokasi negara dan jenis PC yang digunakan (Windows dan MacBook). Jika sudah masuk akan di temukan dua aplikasi BlueStacks yaitu BlueStacks 2 dan BlueStacks. Untuk BlueStacks 2 adalah untuk menjalankan aplikasi Android di TV silakan pilih aplikasi BlueStacks. Posisinya ada di paling bawah.

Silakan pilih menu Unduh Sekarang, karena saya menggunakan PC Windows ukuran file nya adalah 265 MB. Untuk PC jenis lainnya kemungkinan ukuran juga akan mendekati. Nama file aplikasinya adalah : BlueStacks2_native_2c5add8b9b9c43e7ad9ad7f7af1c2c43.exe.

Silakan instal jika aplikasi sudah terdownload. Tampilan aplikasi BlueStacks saat sudah terinstal seperti pada gambar di bawah ini.


Menggunakan Aplikasi Android di BlueStacks.
Sama seperti Android di Smartphone untuk dapat menggunakan aplikasi BlueStacks juga harus menggunakan akun Gmail. Silakan lakukan registrasi atau login akun BlueStacks dengan email, caranya pilih menu Pengaturan atau roda gigi seperti pada gambar diatas. Menu pengaturan ini ada dibagian kanan atas. Cara ini sama seperti mengunakan akun Play Store di Smartphone.

Untuk menjalankan aplikasi Android di PC silakan pilih terlebih dahulu aplikasi Android yang diinginkan kemudian download. Cara memilih aplikasi adalah dengan menekan pada tombol Search yang berwarna orange yang ada pada pojok kiri atas. Silakan ketik dengan kata kunci yang diinginkan.

Pada contoh ini Saya memilih aplikasi chat BBM. Klik saja dengan kata kunci BBM atau Blackberry Messenger. Jika sudah ketemu silakan download aplikasi tersebut. Ukuran file aplikasi akan sama persis dengan ukuran di Play Store.


Untuk dapat menggunakan fitur Maps silakan aktifkan dengan menekan menu berlogo Maps pada bagian sisi kiri dibawah logo Foto. Tulis saja lokasi sesuai dengan tempat tinggal, jika sudah silakan tekan simpan atau Save.

Salah satu fitur baru dari BlueStacks adalah adanya dukungan kamera depan, sehingga bagi pengguna Laptop sudah dapat menggunakan fitur Live streaming. Bagi yang ingin mengganti profil DP BBM juga dapat langsung mengambil foto dengan fitur terebut langsung dari Laptop. Menu ini posisinya adalah diatas menu Maps atau sebelah kiri.

Permasalahan dalam penggunaan aplikasi BlueStacks di PC biasanya adalah seputar tidak bisa download atau tidak bisa menggunakan aplikasi. Penting untuk diketahui sebelum menginstal aplikasi ini lihat terlebih dahulu ukuran RAM atau memory PC yang dimiliki. Jika memory cukup namun masih gagal artinya perlu melakukan tambahan instal aplikasi yang disesuaikan dengan jenis kegagalan yang disebabkan. Untuk PC Windows biasanya adalah aplikasi Framework 2.0 SP2 dan Windows installer 4,5.

Untuk memudahkan dalam menggunakan aplikasi Android di PC atau Laptop silakan lihat pada video tutorial di bawah ini.



Demikian tutorial cara menggunakan aplikasi Android di Komputer /PC, jika mengalami kesulitan silakan sampaikan di kolom komentar mari kita disqusikan bersama. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment