Saturday, July 16, 2016

Mengenal Lebih Dekat Blog Wordpress

Saat ini Wordpress menjadi platfrom Blog yang banyak digunakan oleh Blogger. Mengalahkan platfrom blog jenis lainnya seperti Blogspot, Tumbler dan lainnya. Sama seperti jenis Blog lainnya Wordpress juga memiliki layanan gratis dan berbayar.

Layanan gratis dari Wordpress ini mengunakan nama domain hampir mirip dengan jenis blog lainnya yaitu menggunakan nama domain kemudian diikuti dengan Wordpress.com. Kapasitas hosting yang disediakan oleh Wordpress gratis ini 3 GB, cukup besar namun kapasitas ini masih kalah dengan Blogspot karena untuk blogspot hosting tidak dibatasi.

Ada dua jenis layanan gratis dari Wordpress, satu yang beralamatkan di namadomain.wordpress.com dan satunya adalah blog universitas. Hampir semua universitas di Indonesia baik swasta atau negeri menggunakan wordpress untuk layanan Blog student. Namun untuk kapasitas hosting yang di sediakan berbeda antara universitas satu dengan yang lainnya. Contoh dari blog student universitas ini adalah http://emaprabawanti.blog.uns.ac.id. Syarat untuk mendapatkan blog student adalah menjadi mahasiswa atau alumni univeristas. Untuk mendaftar syarat dan ketentuan masing-masing universitas berbeda.

(Baca : Rekomendasi Hosting Terbaik Dari Luar Negeri)

Meskipun sama-sama gratis namun Blog Student memiliki kelebihan tersendiri yaitu tersedia beberapa plugin untuk wordpress.com plugin tidak tersedia sama sekali. Dapat dikatakan blog student adalah blog wordpress gratis dengan sedikit sentuhan Wordpress berbayar.

Layanan dari Wordpress yang paling banyak digunakan adalah yang berbayar. Jenis ini menggunakan nama domain Top Level Domain (TLD) dan juga menggunakan hosting berbayar (Self Hosting). Karena berbayar maka semua opsi yang tersedia seperti plug in tinggal memilih, kode script juga dapat dipasang berbeda dengan wordpress gratis dimana kode script tidak dapat digunakan sama sekali.

Situs / Blog besar atau profesional biasanya menggunakan jenis Wordpress berbayar karena tampilan akan lebih menarik dan juga lebih terlihat profesional. Salah satu contoh blog wordpress berbayar ini adalah http://jayagemilang.co.id.

Domain dan hosting dapat dibeli di situs penyedia layanan hosting dan domain, harga masing-masing juga berbeda. Untuk nama domain biasanya harga tidak terpaut jauh namun untuk hosting harga dapat bervariasi tergantung membeli di penyedia jasa hosting dan domain lokal atau internasional.

Untuk nama domain (TLD) silakan beli dimana saja karena nama domain ini tidak akan berpengaruh pada performa blog namun hanya pada SEO saja. Namun demikian usahakan untuk membeli diperusahaan yang memiliki nama. Khusus untuk domain ini Pandi sebagai pengelola domain lokal Indonesia mengatakan bahwa domain beralamatkan .Id memiliki keunggulan yaitu loading cepat dan unggul di SEO dengan alasan bahwa server mereka di Indonesia. Contoh blog dengan domain id adalah www.toyotasemarng.id. Kekurangan dari domain .id adalah biaya sewa tahunan cukup mahal mencapai 250.000, berbeda dengan domain lain di angka 120.000 - 150.000.

Hal yang peting untuk diketahui adalah dalam pembelian hosting, pilih perusahaan atau penyedia jasa hosting yang sudah memiliki nama, jangan membeli hanya tergiur diskon. Kenapa hal ini penting karena salah-salah semua data base akan hilang jika perusahaan bangkrut atau kebetulan back up servernya bermasalah dan imbasnya blog tidak dapat diakses. Jika ingin membeli hosting terbaik silakan baca rekomendasi hosting terbaik dan cara membelinya di sini.

No comments:

Post a Comment