Friday, July 1, 2016

Mengganti Link URL Postingan Halaman di Blogspot

Apa yang menarik dari Blogspot sejauh pengalaman yang pernah Saya rasakan adalah adanya hal-hal baru yang tak terduga. Meskipun sama-sama menggunakan blogspot namun terkadang ada permasalahan tersendiri termasuk yang baru saja Saya alami.

Membuat postingan dimenu pages atau halaman di Blogspot memang jarang Saya lakukan, karena sebagian besar blog yang saya gunakan hanya bertujuan untuk backlink saja. Toh misal membuat menu Halaman hanya sekedar membuat Daftar Harga seperti pada blog Toyota Nasmoco yang kebetulan Blog ini Saya kelola.

Saat Saya membuat menu Halaman pada blog ini, ada masalah baru yang tidak pernah saya alami sebelumnya yaitu alamat atau URL postingan tidak sama dengan judul postingan. Contoh kasusnya adalah pada saat membuat halaman Kontak yang harusnya URL nya adalah www.kangali.net/p/contact.html namun menjadi www.kangali.net/p/post.html. Sempat mengotak-atik namun tidak mendapati solusi. Coba mencari solusi dari Googling juga tidak ada hasil, dan secara tidak sengaja akhirnya menemukan solusinya.

Penyebab Link URL berbeda.
Sebelum membahas solusinya Saya akan membahas terlebih dahulu penyebab dari URL Link postingan halaman yang berbeda ini. Penyebabnya adalah pada saat kita posting artikel di menu Halaman tidak memasukkan judul halaman terlbih dahulu namun langsung mengisi konten. Atau mengisi judul postingan namun tidak mengisi konten, sehingga URL yang terdetek adalah URL isi postingan.

Solusi Mengganti URL Link. 
Solusinya dari permasalahan ini tentu saja tidak terlalu rumit. Untuk memposting artikel di menu Halaman blogspot lakukan secara berurutan mulai dari mengisi judul postingan kemudian berlanjut ke menu isi konten. Jika cara ini tidak berhasil pada saat mengisi judul usahakan jangan copy paste namun tulis secara manual.

Jika cara diatas masih tidak berhasil silakan buat judul postingan baru dengan isi yang sama. Untuk postingan lama silakan ganti judulnya saja. Contoh ingin membuat judul postingan Kontak, maka ganti menjadi Contact. Jika sudah berhasil silakan hapus postingan lama yang URL linknya tidak sesuai dengan judul.

Cukup simpel, jika masih ada pertanyaan silakan sampaikan dalam kolom komentar untuk Kita disqusikan bersama.

No comments:

Post a Comment