Friday, July 1, 2016

Pengertian dan Fungsi dari Stats Cookie Manage

Semua pembuat blog tentu saja berharap agar tulisan yang ada di blog tersebut dibaca orang lain atau mendapatkan kunjungan / vistor, entah blog tersebut bertujuan untuk komersial atau hanya sekedar berbagi tulisan saja. Untuk tujuan kedua atau tujuan komersial vistor atau pengunjung blog akan sangat berpengaruh besar terhadap penghasilan. Cara untuk mendapatkan vistor ini dikenal dengan istilah Search Engine Optimation atau yang lebih dikenal dengan SEO.

Hampir semua blog memiliki alat pelacak berapa vistor atau pengunjung yang melihat blog dalam skala harian, mingguan atau bulanan. Untuk blogspot memiliki alat pelacak dengan 2 jenis yaitu yang sudah tertera di dalam blog tersebut atau Ikhtisar dan Google Analytics.

Alat pelacak internal Blogspot (Ikhtisar) juga akan mendeteksi berapa banyak blog tersebut di baca termasuk pelacakan jika pemilik blog mengakses. Dengan demikian maka akan ada 2 vistor blog yaitu orang lain atau visotor murni dan pemilik blog itu sendiri. Jika pemilik blog juga ikut mengakses maka visitor akan rancu karena itu Blogpsot menyediakan fitur yaitu Mengelola pelacakan tayangan laman Anda sendiri. Tujuannya untuk melihat seberapa banyak vistor yang masuk ke blog dan membedakan dengan visitor pemilik blog itu sendiri.

Untuk mengaktifkan fitur ini silakan masuk ke menu dasbord Blogspot silakan pilih Blog yang ingin disetting jika blog lebih dari satu. Pilih pada menu Ikhtisar (No. 1) kemudian klik pada menu yang bertuliskan Mengelola pelacakan tayangan laman Anda sendiri (No. 2). Tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Detailnya ada pada gambar dibawah ini.


Proses berikutnya yaitu masuk ke menu Anda ingin tayangan laman dihitung ketika mengunjungi blog ini?, pada bagian Jangan lacak tayangan saya untuk blog ini silakan beri tanda centang. lihat pada gambar berikut ini untuk detailnya. 


Proses selesai saat ini jika Sobat mengakses blog sendiri maka tidak akan di hitung sebagai visitor. Untuk diketahui fitur ini hanya berlaku jika alamat domain masih menggunakan domain asli blogspot.com jika sudah diganti dengan domain TLD (Top Level Domain) maka fitur ini tidak akan berfungsi.

No comments:

Post a Comment