Thursday, July 21, 2016

Pentingnya Backlink Untuk SEO Blog

Salah satu metode SEO yang banyak dilakukan oleh para blogger adalah Backlink. Pengertian sederhananya adalah link dari sebuah blog yang diarahkan menuju blog tujuan. Backlink tidak selalu baik untuk Blog namun ada juga backlink negatif, biasanya backlink jenis negatif berasal dari situs-situs dewasa atau judi.

Backlink yang baik berasal dari Blog dengan PR (Page Range) tinggi, atau jumlah visitor tinggi. Meskipun tidak berasal dari blog dewasa atau perjudian, backlink positif juga dapat berakibat buruk terhadap Blog jika jumlahnya berlebihan. Contohnya adalah jika dalam satu hari terdapat 1.000 atau lebih Backlink masuk ke Blog dapat dipastikan akan mempengaruhi Blog tersebut. Google menganggap backlink ini sebagai spam.

Namun demikian backlink yang tidak wajar ini dapat diatasi dengan bantuan yang diberikan oleh Google yaitu dengan Google Webmaster Tools. Dengan fitur ini dapat di sangkal backlink yang bersumber dari blog 'tidak jelas' atau backlink negatif. Bagi pengguna Blog berbasis Blogspot akan otomatis terkoneksi dengan Google Webmaster Tools namun bagi pengguna blog selain blogspot maka perlu metode khusus. Untuk detail penjelasannya akan Saya bahas pada artikel berikutnya.

(Baca : Rekomendasi Hosting Terbaik Dari Luar Negeri)

Bagi sebagian Publisher atau Blogger, backlink tidak terlalu penting. Artikel menjadi fokus utama untuk senjata SEO. Untuk jenis ini memang dibutuhkan update artikel setiap hari dengan jumlah minimal 5. Tentunya dibutuhkan penulis artikel yang khusus dibayar atau jika ingin menulis sendiri harus benar-benar fokus. Saya sendiri biasa menggunakan backlink untuk Blog yang baru saja buat dengan tujuan agar lebih cepat mendapat trafik.

Ada beberapa cara yang digunakan untuk mendapatkan backlink. Dengan metode gratis maupun berbayar. Berikut ini Saya jelaskan lebih detailnya cara mendapatkan backlink.

Backlink Komentar Blog.
Salah satu metode mendapatkan backlink  ini tentunya gratis dan hasilnya juga cukup efektif. Metode ini juga dikenal dengan blog walking yaitu mengunjungi sebuah Blog lalu meninggalkan komentar dengan disertai link aktif yang menuju blog target.

Beberapa situs yang direkomendasikan untuk backlink komentar adalah situs-situs resmi pemerintah atau instansi dan universitas atau sekolah. Biasanya situs ini memiliki nilai PR yang tinggi dan dianggap backlink valid dan pastinya berkualitas.

Blog universitas yang dimaksud disini adalah Blog Student. Sebagian besar universitas negeri memiliki Blog Student yang diperuntukan bagi mahasiswa, alumni maupun dosen. Blog yang bersifat pribadi ini menggunakan platfrom Wordpress dan biasanya komentar dibuka oleh pembuat Blog. Contoh dari blog ini adalah www.andrihamdani.blog.uns.ac.id.

Salah satu hal yang cukup sering dilakukan dalam metode backlink komentar ini adalah meninggalkan komentar hanya sebatas menulis blog tujuan tanpa berkomentar sesuai dengan topik bahasan. Ada baiknya sedikit membahas mengenai topik artikel sebelum meninggalkan link tujuan. Setidak-tidaknya pemilik Blog akan merasa dihargai dan pembaca lainnya juga akan lebih nyaman.

Backlink Banner atau Link Blog.
Untuk jenis ini ada yang berbayar ada juga yang gratis. Untuk yang berbayar caranya adalah dengan memasang link blog (banner) ke situs yang memang menyediakan layanan ini. Tarif juga akan beragam tergantung dari si pemilik Blog. Contoh dari metode pemasangan link blog atau banner ini dapat dilihat di blog www.toyota-id.com.

Backlink link blog juga dikenal dengan istilah Blog Dummy. Pengertiannya adalah blog kedua yang dibuat untuk mendukung trafik blog utama. Jenis dari blog dummy juga beragam.


Sebagai contohnya adalah Blog utama yang digunakan menggunakan Wordpress berbayar. Untuk Blog dummy ini menggunakan blog gratisan seperti Blogspot, Tumbler, Wordpress gratis, Blog detik dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk blog backlink setidak-tidaknya juga dikerjakan dengan baik karena vistor menuju blog utama juga akan dipengaruhi juga oleh blog dummy. Semakin tinggi vistor blog dummy kemungkinan visitor blog utama juga akan tinggi. Blog dummy ini juga dapat menggunakan Blog Student atau blog school karena nilai Page Rangenya tinggi.

Backlink Jasa Review (Paid Review).
Paid Review adalah salah satu metode yang digunakan untuk mendapatkan uang dari Blog. Caranya hanya cukup dengan mereview sebuah tema tertentu dalam sebuah artikel dan didalamnya terdapat link menuju ke blog tujuan.

Bagi pemilik Blog yang tidak ingin pembacanya dibuat tidak nyaman dengan banyaknya iklan dapat menggunakan metode ini. Kelebihan lainnya Paid review juga tidak bertentangan dengan Google Adsense sehingga penghasilan dari Blog tidak hanya dari Adsense saja.

Tujuan utama dari si pengguna jasa Paid Review adalah mendapatkan link aktif menuju blog. Dengan semakin banyak link yang masuk otomatis trafik juga akan naik. Karena itu untuk menggunakan jasa Paid Review harus melihat kualitas dan tema Blog agar kemungkinan untuk mengklik link lebih besar.

Blog yang dapat digunakan untuk Paid Review ini tidak harus blog milik pribadi. Saya kebetulan juga menggunakan forum di situs detik. Untuk akun lama dengan jumlah posting banyak dan sudah dapat membuat thread juga dapat digunakan untuk jasa ini. Saya sendiri pernah mendapatkan pembayaran untuk jasa ini.

Sosial Media Backlink.
Beberapa social media yang banyak digunakan untuk backlink adalah Facebook, Twitter, Instagram, Pinteres dan lainnya. Metode backlink ini ada yang gratis dan juga berbayar. Untuk metode berbayar dapat langsung beriklan ke media sosial langsung atau dengan menggunakan beberapa media sosial dengan jumlah follower atau like tinggi.

Metode backlink sosial media menurut Saya lebih cocok digunakan untuk Blog atau Website toko online (Online Shop). Dari pengalaman Saya menggunakan media sosial Facebook dan Instagram untuk backlink  toko online dan hasilnya lebih baik dari pada menggunakan untuk blog tutorial atau jenis lainnya. Hal ini tidak mutlak karena dari pengalaman beberapa teman iklan facebook berbayar juga efektif digunakan untuk Blog bukan jenis toko online.

Blog berjenis Wordpress memiliki fitur share artikel otomatis ke berbagai media social pada saat membuat artikel. Dengan memaksimalkan fitur ini di dukung dengan social media dengan like atau follower tinggi maka jumlah trafik blog juga akan tinggi. Untuk penjelasan detail mengenai fitur share otomatis pada Wordpress akan Saya bahas pada artikel berikutnya.

Subscribe blog.
Subscribe atau berlangganan artikel dalam sebuah blog cara kerjanya adalah setiap artikel baru akan dikirimkan melalui email. Dari email pembaca akan membuka link yang menuju ke blog.

Untuk menggunakan fitur ini bagi pengguna Blogspot cukup dengan memasang widget Subscribe. Untuk blog jenis lainnya dapat menggunakan plug in.

Demikian penjelasan singkat pengertian backlink dan cara mendapatkan backlink. Jika ada metode lain yang belum Saya bahas atau ada pertanyaan silakan sampaikan dalam komentar kita diskusikan bersama.

No comments:

Post a Comment