Friday, February 10, 2017

Tips Aman Transaksi Dengan Kartu Kredit Untuk Belanja Online

Salah satu keuntungan belanja online menggunakan kartu kredit adalah mendapatkan berbagai promo yang di tawarkan. Promo ini biasanya hanya berlaku untuk belanja barang saja. Untuk belanja non barang (produk virtual) biasanya memang relatif sedikit promo yang di tawarkan.

Belanja barang online dengan kartu kredit relatif tidak ada masalah selesai transaksi maka tagihan hanya akan muncul sekali saja. Namun hal ini kadang tidak berlaku untuk belanja non barang. Untuk belanja non barang ada hal penting yang harus di perhatikan sebelum melakukan transaksi jika tidak maka setiap bulan tagihan akan muncul di kartu kredit.

Penyebab kenapa muncul tagihan setiap bulan karena kita tidak memahami terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Agar aman berbelanja online dengan kartu kredit utamanya produk non barang berikut ini Kami berikan tipsnya.

Kenali Tahapan Pembayaran.
Sebelum menyelesaikan tahapan transaksi online dengan kartu kredit penting untuk mengetahui tahapan pembayaran. Setiap melakukan transaksi online terutama untuk produk non barang biasanya pada website penjual akan tertera menu yaitu otomatis akan di tagih setiap bulan. Contoh transaksi yang dimaksudkan adalah membeli hosting, domain atau membeli layanan akun premium. 

Menu ini biasanya muncul setelah memasukkan nomor kartu, masa aktif kartu dan 3 kode kartu. Silakan hilangkan tanda centang untuk menonaktifkan menu pembayaran berulang. Sebagai gambarkan adalah seperti pada gambar di bawah ini.


Gambar diatas adalah tahapan membayar dengan kartu kredit. Ada 3 tahapan yang pertama adalah besaran uang yang harus di bayarkan dalam rupiah. Perhatikan kotak merah pada gambar diatas dimana tertera informasi yaitu Bills every 1 month until cancelled. Artinya tagihan akan dibayar setiap bulan namun ada opsi pembatalan. Jika ada menu seperti ini artinya otomatis pembayaran dapat di pilih agar tidak muncul tagihan setiap bulan.

Tahapan kedua adalah memasukkan data kartu, pada tahap ini lah biasanya menu pembatalan tagihan bulanan (Bills every 1 month) berada. Pastikan sebelum sampai tahap ke-3 Anda sudah menghapus tanda centang pada kolom pembayaran tagihan berulang. Jika menu ini tidak ada dan proses pembayaran sukses maka siap-siap untuk membatalkan pembayaran secara manual jika tidak ingin berlangganan bulan berikutnya.

Membatalkan Pembayaran Otomatis.
Tidak semua situs menyediakan menu pembayaran dengan di sertai opsi untuk pembatalan pembayaran berulang seperti diatas. Selesai memasukkan data kartu kredit setelah di klik menu Bayar maka otomatis tagihan akan muncul setiap bulan. Salah satu situs yang Kami maksud adalah Smartphonelogs.

Saat melakukan pembayaran untuk akun premium Smartphonelogs tidak akan muncul menu untuk melakukan pembatalan berulang. Jika Anda mendapati pembayaran seperti situs smartphonelogs maka yang perlu Anda lakukan untuk melakukan pembatalan berulang adalah dengan cara manual.

Silakan pelajari di situs tersebut bagaimana cara melakukan pembatalan pembayaran. Jika ada silakan ikuti petunjuk yang di berikan. Jika di rasa masih tidak yakin sebaiknya kontak (email) melalui alamat yang sudah di sediakan. Sampaikan via email agar pembayaran otomatis untuk di batalkan dan pastikan mendapatkan jawaban dari sana.

Melakukan pembatalan transaksi dengan kartu kredit dengan sistem manual seperti ini tidak dapat dilakukan oleh bank penyedia kartu kredit. Seberapa keras usaha Anda merayu bank mereka juga tidak dapat membantu karena semua proses transaksi sepenuhnya adalah tanggung jawab pemegang kartu kredit. Artinya disini yang harus membatalkan adalah Anda si pemilik kartu sekaligus yang melakukan transaksi.

Saya pribadi tidak menyarankan melakukan pembayaran online dengan Kartu Kredit jika memang tidak terpaksa. Lebih aman adalah dengan PayPal, karena sistem pembayaran ini lebih terproteksi dan untuk pembatalan pembayaran lebih mudah dan tidak perlu menghubungi pihak PayPal.

Membuat akun PayPal sendiri memang sangat mudah, kesulitan yang di hadapi adalah mengisi saldo dan melakukan transaksi. Karena kemudahan membuat akun maka untuk melakukan transaksi ada tahapan cukup panjang yang harus di lalui. Hal ini tidak lain adalah demi menjaga uang nasabah (pemilik akun PayPal) dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Salah satu cara termudah dan aman melakukan transaksi online untuk belanja produk non barang atau barang adalah dengan mengunakan jasa pembayaran. Tidak ada resiko sama sekali dan tinggal menunggu barang datang atau akun aktif.

No comments:

Post a Comment