Friday, April 28, 2017

Pencairan Uang Pertama dari Afiliasi

Salah satu cara mendapatkan uang dari online adalah dengan mengikuti program afiliasi. Pengertian singkat dari afiliasi yang saya maksud disini adalah kerjasama antara perusahaan pemilik produk baik itu jasa atau barang dengan individu atau perusahaan dengan cara memasarkan produk. Sistem bagi hasil akan di berikan jika calon pembeli melakukan order dari hasil rekomendasi (link).

Jadi afiliasi juga dapat di katakan sebagai makelar atau calo. Namun karena online maka sistem pembagian hasil ini juga akan berbeda dengan sistem calo. Jika customer melakukan order dengan tautan atau link maka akan mendapatkan bayaran sesuai dengan ketentuan yang sudah di tetapkan.

Afiliasi sendiri di Indonesia juga sudah cukup banyak. Beberapa toko online besar di Indonesia seperti Matahari Mall juga sudah membuka program afiliasi. beberapa contoh lainnya adalah toko template blog seperti Wordpress.

Selama mengikuti program afiliasi untuk pangsa pasar Indonesia tidak begitu menjanjikan. Mungkin karena jenis (nice) blog Saya tidak pas untuk barang dagangan yang di jual. Hal yang sama untuk afiliasi dari toko online luar negeri. hasilnya juga minim, padahal jenis blog sudah sesuai. Dari sini dapat saya simpulkan untuk customer Indonesia masih enggan membeli barang dari luar negeri mungkin karena ribet dalam hal pembayaran dimana harus menggunakan pembayaran internasional seperti PayPal atau kartu kredit atau mungkin tidak mengerti prosedurnya. Customer Indonesia lebih suka membeli produk maya dimana tidak harus menunggu barang sampai atau begitu di bayar bisa langsung digunakan.

Sesuai dengan judul blog ini Saya akan membagikan pengalaman pertama mendapatkan uang / pencairan dari program afiliasi. Afiliasi ini tidak menjual barang namun menjual aplikasi dan hasilnya memang sangat menjanjikan.

Saya mengikuti afiliasi ini terhitung sejak bulan Desember 2016. Dengan durasi waktu kurang lebih 4 bulan atau April Saya sudah mendapatkan bayaran sebesar $ 261.97 dimana sudah cair sebanyak $ 163.99. Kebanyakan afiliasi memang memiliki aturan dimana uang yang dapat di cair kan jika sudah memiliki ambang batas minimal saldo adalah $ 100.


Afiliasi sendiri akan sangat tergantung dari trafik blog. Semakin tinggi trafik blog besar kemungkinan hasil yang di dapat juga lebih besar. Sistem ini sama seperti Google Adsense

Jika di bandingkan dengan Google Adsense jelas afiliasi sangat berbeda, Adsense di bayar setiap di klik atau istilahnya Pay Per Click. (PPC). Seperti gambar di atas dari 348 visitor atau klik tidak ada sama sekali hasilnya atau conversi = 0. Namun bedanya untuk nilai sekali klik dan order untuk afiliasi cukup tinggi mencapai 10 - 15 USD. Jadi hasil konversi jika dibandingkan dengan Google Adsense juga relatif sama. Nilai ini juga masih relatif tergantung dari harga jual produk, kebetulan harga jual produk afiliasi yang saya ikuti mulai dari $ 60.


Jika tertarik ingin mengikuti afilasi silakan siapkan blog dengan kualitas yang baik. Perlu di ketahui tidak semua afiliasi menerima, ada sistem yang cukup ribet dimana harus menjawab pertanyaan seputar trafik blog, pangsa pasar / visitor blog dan lain-lain. Dari pengalaman afiliasi 1 blog yang saya daftarkan hampir semua di terima namun ada satu yang menolak karena saya tidak menjawab pertanyaan yang di berikan. Alasan saya tidak menjawab karena mempertanyakan jumlah vistor, negara visitor dimana pertanyaan ini sebetulnya sudah bisa di jawab oleh mereka.

Selamat mencari uang dengan afiliasi. Jika ada pengalaman lain atau pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar mari kita diskusikan bersama.

No comments:

Post a Comment