Thursday, June 15, 2017

Pengalaman Mendapat Penawaran Kartu Kredit BNI Titanium dan Lotte Mart

Pada dasarnya membuat kartu kredit ada dua cara yaitu melalui pembuatan langsung dan penawaran. Perbedaan kedua cara ini sangat besar, saya akan sedikit menjelaskan. Pembuatan kartu kredit secara langsung artinya pemohon kartu kredit datang ke bank atau melalui online untuk mengajukan pembuatan kartu kredit dimana dalam hal ini semua data pastinya sudah di lengkapi seperti foto copy KTP, NPWP dan buku tabungan (jika nasabah) dan mengisi formulir beserta tanda tangan.

Sedangkan penawaran kartu kredit biasanya di lakukan melalui layanan telepon. Nasabah di tawari dalam pembuatan kartu kredit. Karena sifatnya jarak jauh maka semua data seperti foto copy KTP, NPWP, di kirim melalui email. Dari sini dapat di simpulkan bahwa membuat kartu kredit dengan penawaran akan lebih mudah di setujui karena dalam sistem bank tersebut nasabah sudah memenuhi kriteria untuk mendapatkan kartu kredit. Otomatis untuk penawaran ini hanya berlaku untuk nasabah saja.

Dalam membuat kartu kredit BNI kedua cara di atas sudah pernah saya lakukan yaitu membuat atau mengajukan langsung ke bank namun hasilnya di tolak. Setelah 5 bulan Saya baru mendapat telepon dari BNI untuk mendapat penawaran pembuatan kartu kredit. Satu hal yang ingin saya tegaskan di sini adalah proses pengajuan atau pembuatan kartu kredit setelah di tolak adalah 3 bulan. Semua data awal pembuatan juga tidak berlaku, artinya harus mengulangi proses dari awal. Semua data seperti KTP akan di tanyakan kembali.

Singkat cerita kartu kredit sudah jadi yaitu kartu Kredit BNI Lotte Mart Gold jenis MasterCard dikirim langsung oleh kurir ke alamat rumah. Jenis kartu ini memiliki limit sebesar Rp. 15.000.000, dimana untuk iuran tahunan adalah Rp. 120.000 / tahun. Karena dalam pembuatan kartu kredit ini tidak melalui pengajuan tapi dengan penawaran maka otomatis jenis kartu kredit ini masih belum aktif. Masih ada tahapan yang harus di lakukan untuk mengaktifkan kartu.


Saya tidak hanya mendapatkan satu kartu kredit akan tetapi 2, untuk kartu kredit utama adalah BNI Titanium dimana limit untuk kartu ini adalah Rp. 20.000.000. Untuk fisik kartu belum di terima karena harus melakukan proses verifikasi terlebih dahulu. Jadi disini mengaktifkan kartu kredit BNI Lotte Mart sekaligus mendapatkan kartu kredit BNI Titanium. 

Untuk mengaktifkan kartu kredit pertama atau kedua caranya sama. Jika ingin mengaktifkan yang Lotte Mart saja silakan kirim foto KTP, NPWP dan tanda tangan basah ke email yang sudah di sediakan yaitu = pengkiniandatakk@bni.co.id, atau dengan cara lain dengan mengikuti link yang diberikan via SMS.

Jika ingin mengaktifkan atau mendapatkan kedua kartu kredit dari BNI ini caranya adalah silakan tarik tunai dengan kartu Debet dengan minimal penarikan Rp. 50.000, di akhir transaksi nanti akan ada penawaran untuk pembuatan kartu kredit. Silakan isi sesuai dengan petunjuk. Jika sudah akan muncul struk seperti pada gambar di bawah ini.


Silakan siapkan foto atau file gambar (format gambar JPG atau lainnya) untuk Struk penawaran kartu kredit, KTP, NPWP dan tanda tangan basah. Untuk tanda tangan basah yang di maksudkan di sini adalah silakan siapkan selembar kertas kosong, lakukan tanda tangan. Jika sudah selesai silakan di foto. Gunakan saja kamera ponsel yang penting semua data bisa terbaca. Jika sudah silakan gambar di kirim ke email di atas.

Sampai tahap ini proses belum selesai atau kartu kredit masih belum aktif, Anda harus bersabar karena masih akan dilakukan analisa lagi yaitu 14 hari kerja. Setelah semua tahapan selesai dan di setujui sepenuhnya maka kartu akan di kirim lagi ke alamat Anda.

Membuat kartu kredit menurut Saya pribadi memang sedikit rumit. Pada intinya kartu kredit adalah hutang dan bank harus benar-benar memastikan calon penerima kartu kredit adalah orang yang tidak bermasalah di kemudian hari karena bank jelas tidak ingin dirugikan.

No comments:

Post a Comment