Monday, October 9, 2017

Cara Melakukan Pembatalan Pembelian di Ebay

Saya kebetulan memiliki jasa pembayaran internasional menggunakan Kartu kredit dan PayPal. Pada tanggal 8 Oktober 2017 ada customer menggunakan jasa saya untuk melakukan pembelian 1 unit USB seharga $ 16. Pembelian ini free shipping atau tidak ada ongkos kirimnya. Karena membeli di Ebay maka saya menggunakan pembayaran dengan rekening PayPal, proses pembayaran selesai dengan total sebesar $ 16.

Permasalahan muncul Senin pagi jam 06.00 tanggal 9 Oktober 2017, tiba-tiba muncul lagi pembayaran untuk barang yang sama (USB) namun dengan harga berbeda yaitu sebesar $ 38. Dengan perincian harga $ 16 dan ongkos kirim $ 16. Saya merasa tidak melakukan pembayaran ini, karena itu saya tanyakan ke customer apakah melakukan pembelian lagi, customer menjawab 'kayak nya ia'.

Ada hal yang cukup aneh di sini, dimana untuk pembelian kedua ini ketika saya cek di histori pembayaran akun Ebay statusnya belum terbayar tapi anehnya sudah muncul pembayaran. Saya sendiri juga masih tidak mengerti permasalahan ini. Lebih jelasnya bisa di lihat di gambar di bawah ini.


Dari transaksi di atas terlihat hanya ada 1 transaksi saja yaitu tanggal 8 Oktober 2017, sementara untuk transaksi tanggal 9 Oktober statusnya belum terbayar atau masih ada tulisan Pay now. Namun anehnya pembayaran sudah muncul sebesar $ 38 di rekening PayPal saya.

Karena jam transaksi adalah pukul 06.00 WIB sementara untuk menghubungi pihak paypal baru bisa di lakukan pada jam 08.00 WIB maka saya coba menghubungi pihak penjual yang kebetulan berada di negara Cina via email. Untuk waktu Cina sudah menunjukkan pukul 07.00 Pagi. Tidak butuh lama bagi mereka untuk merespon pembelian ini dan mereka bersedia untuk membatalkan transaksi kedua. Tidak berselang lama uang sudah masuk kembali ke rekening PayPal saya.



Sebetulnya saya masih penasaran dengan kasus ini, kejadian ini adalah yang pertama sejak saya membuka jasa pembayaran PayPal dan bertransaksi di Ebay. Karena pada saat tulisan ini di terbitkan masih jam 7.30 WIB dan belum dapat menghubungi pihak PayPal via telepon maka saya belum bisa mendapat penjelasan dari pihak PayPal.

Jika kebetulan pembaca blog ini atau Anda yang mendapatkan permasalahan yang sama langkah pertama silakan kontak atau hubungi pihak penjual untuk segera melakukan pembatalan. Syarat ini jelas hanya bisa jika si penjual belum melakukan pengiriman barang jika barang sudah di kirim jelas mereka tidak mau rugi dua kali dengan mengembalikan uang dan mengirim barang.

Sebaiknya pembatalan transaksi di lakukan 1 jam setelah transaksi atau jika sudah lebih dari 1 jam silakan tanyakan apakah masih bisa di cancel. Jika barang sudah di kirim mau tidak mau ya harus di terima atau pembatalan tidak dapat di lakukan lagi. Jika Anda kebetulan mengalami permasalahan lainnya seputar transaksi di Ebay silakan sampaikan di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment