Tuesday, February 11, 2020

Perbedaan Kartu Kredit BCA, BNI dan Mandiri

All New Calya Membuat kartu kredit memang sulit namun sesudah mendapatkan kartu kredit sekali maka bank lain akan dengan sendirinya menawarkan kartu kredit kepada Anda. Inilah pengalaman yang saya alami dan dialamai oleh orang yang sudah memiliki kartu kredit.

Pekerjaan Saya adalah wiraswasta dimana tidak bisa mendapatkan slip gaji. Pertimbangan untuk mendapatkan kartu kredit hanya berdasarkan jumlah saldo rekening bank dan mutasi atau perputaran uang saja. Proses ini relatif lebih susah bila dibandingkan jika pekerja yang mendapatkan gaji setiap bulan. Jika memiliki gaji tetap dengan kisaran 8-10 juta perbulan besar kemungkinan akan lebih mudah diterima apalagi statusnya adalah PNS.

Kartu kredit pertama yang saya miliki adalah dari bank BNI kemudian Bank Mandiri dan yang terakhir adalah BCA. Saya akan sedikit berbagi pengalaman mengenai perbedaan dari ketiga kartu kredit ini. Perbedaan ini terkait dengan biaya tahunan dan aktifasi kartu.

Perbedaan yang akan saya bahas adalah diluar aturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia karena aturan ini menyesuaikan oleh bank penerbit kartu kredit dalam hal ini adalah BCA, BNI dan Mandiri. Aturan ini tentunya akan mengeluarkan biaya juga setiap bulan atau tahunnya.

Ketiga kartu kredit diatas proses pengajuan pertama kali dengan datang langsung ke bank namun di tolak semua. Setelah sekian tahun ketiga bank ini menawarkan via telepon dan ketiga-tiganya di setujui. Prosesnya lebih simpel tidak serepot jika mengajukan ke kantor cabang.

Kartu kredit BNI.
Setelah kartu kredit sampai ditangan bisa langsung diaktifkan atau tidak diaktifkan. Jika sudah diaktifkan maka otamatis sudah dikenakan biaya tahunan yang akan di ambil setip bulan atau tahun. Jika kartu tidak diaktifkan tidak akan dikenakan biaya tahunan.

Kartu kredit BNI akan otomatis mati setelah 3 bulan sejak diterima tidak diaktifkan. Jadi jika ingin mengaktifkan sebaiknya jangan lebih dari 3 bulan sejak diterima. Jika sudah tidak aktif sejak 3 bulan setelah diterima untuk proses pengajuan kartu kredit harus dimulai dari awal lagi.

Sejak pertama kali kartu datang sampai saat ini kartu kredit BNI tidak pernah saya aktifkan atau tidak digunakan. Saya biarkan saja jadi otomatis mati dan tidak perlu membayar biaya tahunan.

Kartu kredit Bank Mandiri
Berbeda dengan bank BNI kebijakan dari bank Mandiri berbeda dalam hal aktifasi dan biaya tahunan. Biasanya setiap bank akan memberikan biaya tahunan kartu kredit pertama secara gratis.

Setelah kartu kredit bank Mandiri diterima bisa langsung diaktifkan atau tidak diaktifkan. Bank secara otomatis akan menarik biaya tahunan setelah 1 tahun diterima meskipun kartu tidak diaktifkan. Jadi jika tidak ingin menggunakan kartu kredit bank Mandiri sebaiknya sebelum satu tahun sejak diterima silakan datang ke kantor cabang bank Mandiri terdekat untuk menonaktifkan.

Kartu kredit BCA
Kebijakan dari BCA terkait aktifasi dan biaya tahunan sama persis dengan kebijakan dari bank Mandiri. Jadi sebaiknya jika tidak ingin menggunakan kartu kredit sebelum satu tahun masa gratis biaya tahunan sebaiknya datang ke kantor cabang terdekat untuk menonaktifkan kartu atau menghapus data kartu kredit.

Kebijakan bank lain seperti BRI mungkin juga akan bebeda. Sebaiknya setelah mendapatkan kartu kredit tanyakan langsung ke bank penerbit kartu tentang aktifasi kartu dan biaya. Jika memang ada biaya tahunan meskipun tidak diaktifkan sebaiknya segera di non aktifkan ke cabang terdekat.

No comments:

Post a Comment