Monday, July 18, 2016

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Sebelum membuat sebuah Blog/ Website salah satu hal penting yang harus di perhatikan adalah menentukan kata kunci Blog tersebut. Kata kunci ini bisa untuk judul Blog, kata kunci Domain yang digunakan dan juga judul artikel. Semua data kata kunci yang sudah di cari dengan mengunakan mesin pencari Google sudah tersedia dan dapat di ketahui detailnya. Data yang digunakan ini adalah menggunakan situs Google Keyword Planner.

Google Keyword Planner merupakan data base beberapa kata kunci yang pernah digunakan orang dalam mesin pencari Google dalam jangkauan waktu bulan dan tahun. Jadi jika Anda pernah menggunakan mesin pencari di Google maka semua data ini akan terekam dan di ditampilkan di Google Keyword Planner.

Unntuk menggunakan Google Keyword Planner caranya juga cukup mudah. Hal yang terpenting adalah memiliki akun Google untuk login. Langkah pertama silakan buka situs  Google Keyword Planner dengan alamat : https://adwords.google.com/KeywordPlanner. Jika sudah masuk maka tampilan akan seperti pada gambar di bawah ini. Jika ingin menggunakan bahasa Indonesia silakan gunakan URL : https://adwords.google.co.id/KeywordPlanner


Silakan klik pada menu Sign in, jka sudah pada posisi login akun Gmail menggunakan Google Chrome makan otomatis akan redirect, jika belum silakan masukkan akun Gmail yang sudah di miliki. Jika belum memiliki akun Gmail silakan mendaftar, detail caranya silakan cek disini.


Silakan pilih atau klik pada menu Search for new keywords using a pharse, webiste or category. Tahap selanjutnya silakan ikuti petunjuk yang tertera pada gambar di bawah ini.


keterangan dan tahapan dari gambar diatas sebagai berikut:
  1. Your product or service : Masukkan kata kunci yang ingin di cari. Dalam contoh ini Saya menggunakan kata kunci Mobil Remote Control
  2. Targeting : adalah lokasi negara yang ingin di maksimalkan. Karena Saya ingin mencari target visitor Indonesia maka Saya memilih negara Indonesia dengan bahasa Indonesia. Jika ingin memilih target negara lain silakan ganti pada kata Indonesia dengan negara lain.
  3. Keyword options : Tujuannya adalah untuk memfilter kata kunci yang terkait saja. 
  4. Keyword options : Posisikan ON pada menu Only show ideas closely related to my search terms. Jangan lupa untuk menekan menu Save. 
  5. Tekan atau klik pada menu Get Ideas
Setelah menekan menu Get ideas maka tampilan data akan seperti pada gambar di bawah ini. 


Pada menu Search terms atau gambar nomor 1. Pencarian perbulan untuk kata kunci Mobil Remote Control adalah sebesar 12.000. Pada samping kanan Avg. monthly searches tertera tulisan Competition yang artinya tingkat persaingan dengan blog lainnya. Jika Low artinya persaingan di kata kunci ini masih rendah. Untuk menu Suggested bid IDR1,548 artinya adalah besaran nilai iklan untuk Adsense. Pada bagian nomor 1 ini dikenal dengan kata kunci utama

Untuk keterangan gambar nomor 2. atau menu Keyword (by relevance) silakan klik pada menu Avg. monthly searches untuk mengurutkan dari pencarian terbanyak sampai ke pencarian paling sedikit. Pada menu kedua ini juga dikenal dengan istilah kata kunci turunan

Data ini juga dapat di download dalam bentuk Exel caranya adalah dengan mengklik pada menu yang bertuliskan download. Fungsinya selain untuk data yang digunakan untuk pedoman dalam membuat artikel juga dapat digunakan untuk data jika ingin menggunakan jasa penulis artikel Blog. Cukup dengan memberikan data exell ke penyedia jasa pembuatan artikel. 

Untuk diketahui data yang tertera pada Google Keyword Planner tidak 100% valid hanya mendekati saja. Untuk data validnya tentunya tidak akan di buka oleh Google. Namun demikian setidaknya data ini amat berguna sebagai data awal dalam menentukan kata kunci dalam membuat Blog. 

Demikian sedikit pengetahuan tentang Google Keyword Planner dan cara menggunakannya. Jika ada pertanyaan silakan sampaikan dalam komentar mari kita diskusikan bersama. 

No comments:

Post a Comment