Thursday, July 21, 2016

Pengertian Kata Kunci Utama dan Kata Kunci Turunan

Secara umum struktur dalam blog terdiri dari Judul Blog, Domain atau alamat Blog dan judul artikel atau posting. Ketiga struktur ini berpengaruh pada SEO Blog. Judul blog biasanya menggunakan kata kunci utama yang isinya menggambarkan isi dari keseluruhan blog. Alamat domain atau domain sudah cukup jelas dan judul postingan biasanya merupakan gabungan antara kata kunci utama dan kata kunci turunan.

Apa sebetulnya pengertian dari Kata Kunci Utama dan Kata Kunci Turunan dan kenapa hal ini penting bagi SEO Blog, Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Untuk mendapatkan atau mengetahui kata kunci utama dan kata kunci turunan dibutuhkan website khusus yaitu Google Keyword Planner. Sebelum membahas lebih lanjut artikel ini ada baiknya pelajari dulu dengan membaca di artikel Cara Menggunakan Google Keyword Planner.

Kata Kunci Utama.
Kata kunci utama adalah kata kunci yang paling banyak di cari di mesin pencari Google atau lainnya, semua data ini pada mesin pencari Google di record di Google Keyword Planner sebagai patokan bagi para blogger untuk menentukan judul blog, domain dan juga judul postingan sebuah blog. Karena banyak dicari maka otomatis blog yang menggunakan kata kunci tersebut akan banyak dicari juga.

Kata kunci utama biasanya juga digunakan oleh Blogger untuk digunakan sebagai alamat domain atau yang dikenal dengan Keyword on Domain. Contoh dari penggunaan kata kunci utama sebagai keyword on domain adalah pada blog toko online www.mobilremotecontrol.net.

Gambar dibawah ini yang bernomor 1 adalah contoh dari kata kunci utama yaitu mobil remote control dimana kata kunci utama ini memiliki jumlah pencari perbulan mencapai angka 12.100 dengan tingkat persaingan rendah.


Kata kunci utama pada Google Keyword Planner tiap tahun akan berubah. Perubahan ini bergantung dari trend pencarian di mesin pencari. Untuk pendamping Google Keyword Planner biasanya digunakan juga website yaitu Google Trends.

Kata Kunci Turunan.
Kata kunci turunan adalah kata kunci yang semua katanya menggunakan kata kunci utama dengan tambahan kata kunci lain atau struktur katanya di bolak balik. Sebagai contoh dari kata kunci turunan ada pada gambar diatas pada bagian atau yang bernomor 2.

Kata kunci turunan memiliki jumlah pencari yang lebih sedikit dari kata kunci utama. Namun kata kunci turunan ini memiliki jumlah variasi yang lebih banyak.

Contoh pada gambar diatas kata kunci utama adalah Mobil Remote Control, beberapa contoh kata kunci turunan nya Harga Mobil Remote Control di mana kata kunci mobil remote control mendapatkan tambahan kata Harga. Contoh lainnya dapat dilihat pada gambar nomor 2.

Kata kunci turunan dapat digunakan untuk menulis artikel atau blog dalam contoh toko online mobil remote control. Tujuannya adalah untuk SEO toko online. Jika menggunakan untuk blog atau bukan toko online dapat digunakan untuk artikel biasa atau artikel blog.

Kata kunci turunan juga dapat digunakan menjadi domain blog untuk tujuan sebagai blog utama atau blog dummy. Dengan tingkat persaingan lebih kecil dari kata kunci utama persaingan dalan kata kunci turunan biasanya lebih mudah bila dibandingkan dengan kata kunci utama. Tidak mutlak namun juga tergantung dari tingkat persaingan (Low, Medium, High).

Demikian penjelasan mengenai kata kunci utama dan kata kunci turunan dalam sebuah blog sebagai bahan acuan untuk membuat Blog. Jika penjelasan diatas tidak jelas atau ingin memberikan tambahan silakan sampaikan di dalam komentar.

No comments:

Post a Comment