Monday, July 18, 2016

Tips Menulis Artikel Blog Yang Baik

Sesuai logika Search Engine setiap ingin mencari sesuatu di mesin pencari (Googling) maka yang dilakukan adalah dengan menulis kata kunci tertentu dan kata itu ada pada artikel yang ada dalam Blog. Karena itu artikel menjadi senjata utama sebuah Blog. Lalu bagaimana kata kunci sebuah blog bisa unggul atau menang dengan blog lainnya. Salah satu faktornya adalah kualitas artikel itu sendiri.

Menulis artikel bagi sebagian orang termasuk Saya adalah hal yang sangat melelahkan. Saya menulis Blog tidak dengan mencontoh atau copy paste dengan Blog lainnya. Untuk artikel tutorial sudah pasti akan Saya praktekkan terlebih dahulu, jadi butuh waktu untuk praktek setelah berhasil baru membuat tulisan. kendala lainnya adalah soal gambar dimana untuk artikel tutorial bisanya gambar juga mengambil dari tiap tahapan sehingga perlu mengedit gambar terlebih dahulu. Untuk aplikasi editing gambar Saya menggunakan aplikasi PhotoShop.

Untuk Blog Saya lainnya yang bertema otomotif biasanya untuk bahan menulis artikel saya gunakan buku panduan atau Ebook dimana Ebook ini biasanya hanya mengulas sebagian kecil saja, jadi membutuhkan sedikit pengetahuan untuk mengembangkan tulisan sehingga tulisan memiliki lebih banyak karakter.

Pada awal ngeblog, Saya sering menggunakan pedoman blog lain dalam menulis artikel dengan menggunakan Notepade, dapat dikatakan semi copy paste. Namun cara ini sudah lama Saya tinggalkan dan lebih memilih untuk menulis langsung di menu Compose dan mengembangkan tulisan sendiri untuk menghindari Copy paste. Jika memang butuh data penting yang tidak diketahui baru saya mencari di situs lain, itu pun sifatnya hanya data pendukung saja tidak secara keseluruhan.

Cara ini saya rasa lebih efektif yang artinya tidak akan sama dengan artikel lainnya minimal dari sisi saya sendiri yang tidak mengcopy dari Blog lainnya.

Pada dasarnya penulisan artikel blog terdiri dari beberapa kata ada yang 200 kata, 400 kata, 1.000 kata dan diatas 1.000. Pembagian ini berdasarkan yang umum digunakan untuk jasa penulisan artikel blog. Apakah masing-masing jumlah kata ini juga akan berpengaruh terhadap SEO, jawabannya belum tentu. Jika sebuah topik artikel itu adalah tema baru dan belum pernah ditulis sebelumnya maka dengan jumlah artikel 200 kata sudah dapat unggul dari sisi SEO. Untuk artikel yang sudah banyak di bahas maka diperlukan jumlah kata yang lebih banyak dari yang ada sebelumnya.

Jasa penulis artikel blog biasanya menggunakan tools untuk mengecek apakah artikel sudah masuk kategori unik. Bagi Saya pribadi Saya tidak terlalu membutuhkan tools ini alasannya karena metode menulis yang tidak lagi mencontoh dengan blog lainnya atau dapat dikatakan menggunakan metode mengarang. Kemungkinan akan sama dengan Blog lainnya juga akan sangat kecil.

Kelebihan dari metode mengarang ini adalah dapat mengembangkan beberapa tulisan dengan tema yang sama namun isi artikelnya berbeda. Perbedaan ini dari sisi tiap paragraf nya. Sebagai contoh adalah artikel yang membahas mengenai Speedy. Artikel pertama silakan baca di Artikel1 dan untuk artikel ke-2 dapat di baca di Artikel2. Silakan bandingkan antara kedua artikel ini, maka dari sisi paragraf nya akan berbeda.

Metode menulis artikel dengan mengarang ini dibutuhkan latihan atau paling tidak kemampuan menulis, tidak harus pintar namun pada intinya adalah lebih sering latihan menulis sendiri tanpa menggunakan panduan Blog lain sebagai acuan. Dengan semakin sering menulis dengan metode ini lama kelamaan akan mahir dengan sendirinya.

jadi bagi yang ingin menulis artikel yang masuk kategori unik hal yang penting untuk diketahui adalah memahami betul akan artikel yang akan dibuat. Dengan memahami maka pengembangan tulisan akan jauh lebih mudah. Untuk mencoba membuat artikel unik, silakan cari salah satu artikel dalam sebuah Blog yang masuk halaman 1. Coba kembangkan tulisan tersebut dengan metode Anda sendiri jangan meniru dari Blog tersebut. Kembangkan menjadi lebih dari 1.000 kata atau lebih dan lihat hasilnya dalam beberapa minggu.

Hal yang perlu untuk diketahui umur Blog dan banyaknya artikel akan mempengaruhi kata kunci. jadi jika kata kunci sebuah Blog sudah kuat maka untuk bersaing di kata kunci tersebut juga cukup berat. Jika rajin menulis artikel besar kemungkinan juga akan menang dalam pencarian atau SEO.

Demikian cara menulis artikel Blog yang baik setidaknya menurut pengalaman pribadi Saya. Cara ini mungkin bagi sebagian orang tidak akan sama, karena pada dasarnya teknik SEO satu orang dengan orang lain akan berbeda termasuk metode dalam menulis artikel. Jika ada pertanyaan atau hal lainnya kita diskusikan dalam kolom komentar. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment