Monday, July 18, 2016

Koneksi Speedy atau IndiHome Mati Hubungi @TelkomCare

Layanan customer servis khusus untuk gangguan Speedy / IndiHome atau Telkom yang banyak di kenal selama ini adalah Call Center 147. Layanan ini berbayar dan bagi Saya yang tidak mengaktifkan nomor Speedy atau hanya menggunakan Speedy untuk layanan internet mau tidak mau harus menggunakan nomor GSM untuk menghubungi 147 saat terjadi gangguan pada Speedy atau IndiHome.

Dengan menggunakan nomor GSM artinya tarif yang dikenakan jelas akan lebih mahal dari pada menggunakan nomor Speedy. Jika permasalahan segera ditanggapi tidak terlalu bermasalah, namun sesuai dengan pengalaman Saya menggunakan layanan 147 permasalahan tidak segera ditanggapi dan mau tidak mau kembali menghubungi lagi 147. Pulsa terkuras hasil tidak memuaskan.

Untuk diketahui Speedy atau Telkom menggunakan pihak ketiga dalam layanan pemasangan sekaligus perbaikan. Perusahaan jasa pihak ketiga ini memiliki keterbatasan sumber daya (SDM) jadi jika keluhan tidak segera ditanggapi mau tidak mau memang harus dimaklumi. Saya sendiri sempat datang langsung ke Plasa Telkom karena 3 kali menghubungi 147 tidak ada petugas yang datang. Setelah ke Plasa Telkom saya meminta teknisi untuk sama-sama ke rumah dan memperbaiki.

(Baca juga : Cara Mudah Mengganti Password WiFi Speedy Via Smartphone)

Berdasarkan pengalaman pertama ini pada saat terjadi permasalahan kedua kalinya Saya tidak lagi menghubungi call center 147. Alasan pertama karena biaya lebih mahal dan tanggapan tidak terlalu memuaskan. Saya coba mencari jenis layanan customer servis lainnya dan ketemu layanan via Twitter yaitu @TelkomCare, dengan layanan ini tanggapan sama cepatnya seperti layanan 147. Berikut ini cara untuk menghubungi layanan Telkom dengan @telkomcare.

Silakan cari Twitter Telkom Care dengan alamat @TeklomCare seperti pada gambar dibawah ini. Silakan Follow terlebih dahulu akun tersebut lalu mention dengan cara klik pada menu Twit seperti pada tanda panah pada gambar. Seperti diketahui saat ini Twitter tidak dapat menggunakan layanan Direct Messages (DM) atau mengirim pesan sebelum saling follow.


Silakan ketik untuk memberitahukan jika terjadi permasalahan pada layanan Speedy atau IndiHome. Ketik saja dengan menggunakan kata-kata 'Internet Saya mati. Untuk info lengkapnya mohon DM'. Silakan tunggu pihak telkom untuk mengirimkan DM. Jika sudah silakan sampaikan keluhan yang terjadi dan sertakan gambar untuk lebih mudahnya.


Setelah menyampaikan keluhan biasanya pihak teknisi akan menghubungi, silakan tunggu hingga pihak Telkom datang ke rumah untuk memperbaiki.

(Baca juga : Pengalaman Berlangganan Paket Internet dan TV Kabel MNC MediaPlay)

Seperti yang Saya sampaikan sebelumnya layanan ini sama seperti layanan call 147, bedanya untuk layanan ini gratis hanya dibutuhkan akun Twitter saja. Jika kebetulan tidak memiliki akun twitter silakan gunakan layanan dengan Facebook. Untuk layanan ini jelas lebih mudah silakan sampaikan di menu pesan. untuk alamat resmi akun Telkom yaitu www.facebook.com/TelkomSolutionID.


Sampaikan langsung permasalahan yang terjadi pada Speedy atau IndiHome melalui pesan seperti pada gambar diatas. Jangan lupa memberikan informasi nomor Speedy bisa nomor 12 digit atau nomor yang diawali kode wilayah seperti (024) serta alamat lengkap. Sampaikan keluhan sebelum jam 17.00 WIB atau jangan mendekati jam 17.00 WIB karena akan diproses pada keesokan hari.

Cara ini cukup mudah, simpel dan yang pasti irit biaya pulsa. Silakan sampaikan di kolom komentar jika ada permasalahan mari Kita diskusikan bersama.

No comments:

Post a Comment