Thursday, January 5, 2017

Cara Mengembalikan Foto dan Video di Posel Android Yang Rusak

Saya menulis artikel ini sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh salah satu pembaca blog yang di sampaikan lewat chat Facebook. Pertanyaannya sama persis dengan judul artikel ini dengan tambahan foto dan video tersebut di simpan dalam sebuah aplikasi. Saya tidak menanyakan lebih lanjut ponsel Android itu rusak masih bisa di perbaiki atau tidak tapi pada intinya saya menganggap ponsel tersebut mati dan tidak bisa di hidupkan.

Aplikasi penyimpan foto dan video yang di maksud oleh pembaca blog ini adalah Applog. Sejauh yang saya tahu aplikasi ini bukan aplikasi penyimpan foto atau video namun aplikasi menyembunyikan foto atau folder atau aplikasi. 

Saya akan sedikit menjelaskan mengenai proses penyimpanan foto yang ada pada sebuah ponsel. Ada dua jenis penyimpanan dalam ponsel yaitu Online dan juga Offline. Penyimpanan yang masuk kategori online adalah yang membutuhkan proses upload ke server aplikasi sebagai contoh disini adalah aplikasi Google Drive, DropBox, Google Foto atau Email. Sedangkan untuk penyimpanan kategori offline adalah MMC dan penyimpanan ponsel.

Aplikasi app log yang di maksudkan oleh pembaca blog ini masuk dalam kategori offline karena dari fungsinya adalah menyembunyikan atau mengunci folder atau foto saja yang sudah ada di MMC atau penyimpanan ponsel. Jadi jika ponsel mati maka kemungkinan besar semua data akan hilang jika terpaksa harus di software ulang. Namun jangan khawatir foto tersebut masih akan tetap bisa di kembalikan dengan sedikit trik. Berikut penjelasannya.

Semua jenis ponsel Android pada saat pertama kali akan digunakan pengguna di minta untuk memasukkan akun Google untuk dapat menggunakan beberapa aplikasi seperti Maps, Play Store dan aplikasi Google lainnya. Biasanya setiap memasukkan akun Google atau Gmail akan ada proses sinkronisasi ke semua aplikasi Google. Inilah keuntungan menggunakan ponsel jenis Android karena dengan sekali sinkron otomatis semua data akan tersimpan secara online mulai dari kontak ponsel dan juga gambar atau video yang ada di ponsel tersebut. 

Jika ponsel Android yang sudah mati tersebut pada awal menggunakan sudah dilakukan sinkronisasi dan pengaturan (sinkronisasi) tidak di otak-atik maka semua file foto dan video akan secara otomatis tersimpan di aplikasi Google Foto. Aplikasi yang dimaksud adalah seperti pada gambar dibawah ini. 


Meskipun ponsel mati semua sudah tersimpan di aplikasi Foto. Maka cara untuk mendapatkan kembali foto atau video yang sudah ada di ponsel tersebut adalah dengan masuk ke akun Gmail dengan menggunakan Komputer atau PC. Dapat juga menggunakan ponsel jenis Android lainnya namun harus melakukan pembersihan akun Google yang sudah ada di Android tersebut. Lebih praktis menggunakan PC atau Komputer.

Setelah teman-teman masuk ke akun Gmail dengan Google Chrome atau browser lainnya maka otomatis semua akun Google lainya akan tersinkronisasi. Penting untuk ditekankan disini akun Gmail atau Google harus sama dengan yang ada di ponsel Android yang rusak. Silakan ikuti petunjuk sesuai dengan gambar yang tertera di bawah ini. Pada sebelah kanan menu Google Chrome akan ada menu akun Gmail. Silakan tekan menu segi empat bundar kemudian pilih menu Foto. 


Saat masuk ke aplikasi Foto maka semua file foto sudah ada di sana silakan di download jika di butuhkan. Penting untuk diketahui proses sinkronisasi ini membutuhkan koneksi internet dan akan dilakukan secara bertahap. Jika saat ponsel kebetulan mati dan foto baru saja diambil atau di simpan dalam MMC atau memori telepon kemungkinan besar foto tersebut tidak akan tersimpan di aplikasi Foto. Penting untuk dilakukan adalah silakan kembali cek proses sinkronisasi pada pengaturan Android, jika sudah terlalu lama silakan lakukan sinkronisasi ulang sesuaikan dengan tanggal terbaru.

Demikian tutorial mengembalikan foto dan video di ponsel Android yang rusak atau tidak bisa di buka kembali, jika ada pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar. Selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment