Friday, January 6, 2017

Menghubungkan Android Ke Komputer Dengan Airdroid

Ada banyak cara menghubungkan Smartphone khususnya Android ke perangkat lain seperti Personal Computer (PC) atau laptop, dapat menggunakan emulator atau menggunakan aplikasi yang banyak tersedia di Play Store. Emulator penghubung Android ke PC memang tidak sebanyak bila dibandingkan dengan aplikasi Android, karena emulator umunya ukurannya relatif besar bila dibandingkan dengan aplikasi.

Beberapa contoh aplikasi terbaik yang dapat menghubungkan perangkat Android ke PC adalah AirDroid. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan bila di bandingkan dengan aplikasi lainnya yaitu ketersedian koneksi web seperti halnya web.whatsapp dan chat messenger di Facebook. Selain dengan web.airdroid.com juga dapat menggunakan aplikasi yang harus diinstal terlebih dahulu di PC atau Laptop.

Fitur yang di miliki pada website (www.web.airdroid.com) berbeda dengan aplikasi. Semua fitur pesan pendek seperti SMS, BBM, WhatsApp, LINE, Facebook dan lainnya hanya dapat di akses menggunakan fitur Aplikasi. Sedangkan Website dapat mengakses lebih banyak fitur seperti SMS, Foto dan Video, Memotret dan juga dapat melakukan instal aplikasi di ponsel Android melalui PC.

Ada keistimewaan lain yang juga di miliki oleh aplikasi ini adalah fitur Mirroring. Fitur ini juga ada di web Airdoid dan aplikasi AirDroid dimana dengan fitur ini tampilan semua fitur Android di ponsel dengan mudah di jalankan di perangkat PC atau tampilan layar ponsel Android di pindahkan ke PC.

Untuk menjalankan fitur Mirroring dapat dilakukan dengan 2 cara yang pertama adalah menghubungkan perangkat Android dengan kabel USB atau tanpa menggunakan kabel USB tapi dengan syarat ponsel Android harus sudah di lakukan proses rooting. Ada beberapa tahap lanjutan sebelum menghubungkan ponsel Android dengan USB yaitu harus sudah di lakukan debung pada ponsel. Fitur yang tidak kalah menarik adalah merekam screenshot handphone hanya dengan satu klik dan tidak membutuhkan root tapi hanya untuk Android 5.0 dan diatasnya.

Langkah pertama silakan download aplikasi AirDroid di ponsel Android. Ukuran file cukup lumayan besar yaitu 24.54 MB. Silakan download dari link di bawah ini.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sand.airdroid

Setelah terinstal silakan lakukan registrasi dengan menekan tombol Me pada pojok kanan bawah. Untuk melakukan registrasi silakan masukkan username dan email. Fungsi username dan email ini nantinya digunakan untuk login web Airdroid dan juga aplikasi AirDroid.

Menggunakan AirDroid Dengan web.Airdroid.com
Silakan kunjungi situs resmi Airdroid di web.Airdroid.com masukkan username dan email yang sudah di daftarkan sebelumnya di ponsel Android. Pastikan koneksi di ponsel Android lancar, jika ponsel dalam kondisi stand by silakan buka kunci terlebih dahulu hingga ponsel terhubung dengan web.airdroid.com (dapat log in).

Jika ingin menggunakan fitur AirMirroring silakan hubungkan ponsel Android ke PC atau Laptop dengan kabel USB. Sebelum itu lakukan proses debuging terlebih dahulu caranya adalah silakan masuk ke menu Pengaturan di ponsel Android kemudian pilih Tentang Ponsel (About Phone) pada menu Nomor Versi silakan tekan sampai 7 kali. Jika sudah otomatis akan muncul menu Pilihan Pengembang.


Silakan klik pada Pilihan Pengembang pada menu Mendebug silakan klik pada menu Mendebug USB silakan beri tanda centang. Proses debunging selesai fitur Mirroring dengan USB sudah dapat dijalankan.

Opsi lainnya tanpa harus menggunakan USB adalah dengan proses rooting di ponsel Android. Dengan sudah dilakukan root tidak perlu menggunakan kabel USB hanya cukup memastikan bahwa ponsel Android dalam keadaan menyala dan memiliki koneksi internet saja. Untuk menggunakan web airdorid tidak harus di PC cukup dengan menggunakan ponsel Android.

Salah satu fitur menarik di AiDroid adalah dapat memotret seperti halnya memotret dengan kamera ponsel baik dengan kamera depan maupun kamera belakang. Bedanya fitur kamera yang ada di ponsel tidak akan berubah ke menu foto dan tidak menimbulkan suara. File foto juga dapat di simpan di ponsel langsung atau di simpan di PC atau Komputer. Selain fitur foto juga dapat menggunakan fitur screen recording untuk OS 5 atau diatasnya. Caranya adalah dengan menekan menu Camera.

Menggunakan AirDroid Dengan Aplikasi
Fungsi dari aplikasi ini pada intinya adalah membaca pesan singkat seperti WhatsApp, BBM, LINE dan lainnya juga dapat mengirim pesan singkat atau SMS (tidak membutuhkan proses rooting) dan dapat menjalankan fitur Mirroring. Namun kekurangan dari fitur ini adalah hanya dapat membaca pesan yang masuk saja untuk pesan keluar tidak dapat di baca khusus untuk pesan instan.

Saat ini untuk versi aplikasi sudah tersedia versi 3.3.5.3 dengan ukuran file sebesar 22.5 MB. Untuk download aplikasi AirDroid silakan kunjungi situs resmi di www.airdroid.com atau silakan klik di sini.

Sama seperti web airdroid untuk menggunakan aplikasi airdroid silakan masuk atau log in dengan username atau email dan password yang sudah di buat sebelumnya di ponsel.


Aplikasi ini memiliki kendala terkadang susah login, cara mengatasinya adalah dengan memastikan ponsel Android dalam keadaan tidak terkunci dan pastinya terhubung dengan koneksi yang baik. Khusus untuk fitur mirroring, screenshoot dan screen recording koneksi harus benar-benar stabil jika tidak akan sering gagal atau sulit terhubung.

Selamat mencoba aplikasi AirDroid di PC atau Laptop. Jika ada pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment