Wednesday, February 1, 2017

Tips Membeli Domain

Sedikit penjelasan singkat pengertian domain dan fungsinya akan saya jelaskan sebelum membahas lebih lanjut tips dalam membeli domain. Apa itu Domain dan Apa Fungsinya?. Sederhananya domain adalah alamat sebuah situs. Untuk domain di blog saya ini adalah www.kangali.net, seperti halnya alamat rumah domain juga tidak boleh sama atau kembar karena jika sama logikanya orang akan kesulitan dalam mencari alamat rumah Kita. Jadi dari fungsi adalah sebagai alamat website seperti halnya alamat rumah.

Domain dibagi dalam 2 kategori yaitu domain lokal dan domain internasional. Lokal artinya domain dengan alamat Indonesia contohnya co.id, go.id, id. ID disini merujuk pada kata Indonesia. Untuk domain internasional adalah domain dengan akhiran com, net, org dan lainnya. Domain juga masih di bagi dalam kategori gratis dan berbayar. Untuk domain berbayar ini di kenal dengan istilah Top Level Domain (TLD).

Membeli domain ada yang gampang ada juga yang sulit. Pengertian sulit disini adalah harus menggunakan dokumen pendukung. Sebagai contoh jika ingin membuat domain lokal seperti .co.id maka harus menggunakan dokumen CV atau PT seperti SUIP atau TDP. Contoh dari domain ini adalah www.jayagemilang.co.id. Untuk diketahui juga domain ini juga mewajibkan bagi pemilik untuk membayar pajak. Untuk domain internasional relatif lebih gampang karena hanya butuh KTP saja, terkadang syarat ini juga tidak di minta.

Apa yang akan Saya bahas disini adalah cara membeli domain yang artinya membeli dari perusahaan penyedia domain lokal atau internasional. Berikut ini penjelasannya.

Domain pada dasarnya juga akan berpengaruh pada SEO. Ada istilah yang dinamakan domain on Keyword yang artinya domain juga menjadi kata kunci sebuah website. Sebagai contoh blog jenis ini adalah www.toyotasemarang.id. Kata kunci yang ada dalam domain tersebut adalah Toyota Semarang. Penjelasan lebih lengkap mengenai kata kunci domain dapat di baca di artikel ini : Pengertian Kata Kunci Utama dan Kata Kunci Turunan.

MEMBELI DOMAIN

Sebelum memilih domain untuk di gunakan dalam sebuah websites sebaiknya memang menggunakan domain on keyword. Biasanya domain jenis ini sudah banyak digunakan oleh orang lain. Tidak ada salahnya mencari, bisa menggunakan domain internasional atau lokal. Untuk mencari ini dapat menggunakan situs www.rumahweb.com. Pada kolom serach isikan nama domain yang ingin di cari ketersediaannya.

Membeli domain bisa di perusahaan penyedia domain lokal atau internasioanl. Harga untuk domain internasional relatif sama namun untuk domain lokal khususnya .id harganya relatif lebih mahal sekitar Rp. 250.000 (harga perpanjangan). Untuk domain lokal hanya tersedia di perusahaan penyedia domain lokal dengan syarat utamanya adalah tersedianya Cpanel domain agar lebih memudahkan dalam melakukan pengaturan.

Cpanel sangat penting jika ingin membeli domain. Ada istilah yang dinamakan dengan Custom domain Blogspot. Pentingnya Cpanel domain ini adalah untuk mengganti domain blogspot (domain gratis) menjadi domain TLD. Proses ini akan lebih enak kita lakukan sendiri jika memiliki akses ke Cpanel. Perlu diketahui tidak semua perusahaan penjual domain memiliki fitur ini jadi sebaiknya sebelum membeli tanyakan apakah tersedia fitur Cpanel.

Jika ingin membeli domain dari luar negeri sebaiknya jangan terpancing dengan harga murah seperti $ 0,1 atau bahkan gratis atau sekitar Rp.1000, perhatikan juga untuk biaya perpanjangan tahunannya. Jika perpanjangan tahunan relatif lebih mahal sebaiknya tidak membeli domain ini. Namun jika memang domain ini dirasa cocok tidak ada masalah.

Jika ingin membeli domain murah biasanya di perusahaan luar negeri banyak memberikan diskon ada yang seharga Rp 1.000 atau istilahnya gratis. Untuk mendapatkan promo ini silakan cari terlebih dahulu kupon atau bisa membeli pada saat hari besar seperti Black Friday atau HARBOLNAS untuk Indonesia. Perusahaan atau situs penyedia domain di luar negeri dengan reputasi baik adalah www.hawkhost.com.

Bagi yang ingin membeli domain dan mendapatkan diskon silakan kontak Kami jika belum tahu caranya atau sampaikan dalam kolom komentar. Kami membantu dalam hal mencari domain baik di perusahaan Indonesia maupun dari luar negeri. Selamat berburu domain.

No comments:

Post a Comment