Friday, March 3, 2017

Cara Menggunakan 2 Aplikasi WhatsApp dalam 1 Ponsel Android

Sebagian besar aplikasi yang ada di ponsel atau Tablet Android dapat di kloning atau dibuat menjadi dua bahkan lebih tergantung dari kebutuhan penggunanya. Cara umum yang dapat dilakukan adalah dengan mendownload aplikasi kloning yang diinginkan. Proses untuk mendapatkan aplikasi ini yang relatif sulit karena tidak tersedia di Play Store.

Namun ada juga cara lain seperti yang di miliki oleh ponsel bermerek Xiaomi. Untuk menggandakan aplikasi tidak perlu lagi download seperti aplikasi kloning pada umunya, namun cukup menggunakan fitur yang dimiliki yaitu Aplikasi Ganda atau Dual Apps. Sayangnya fitur ini hanya berlaku untuk ponsel Xiaomi dengan OS MIUI 8, untuk jenis lainnya belum mendukung.

Pada artikel kali ini saya akan mencontohkan cara menggunakan 2 aplikasi WhatsApp dalam 1 ponsel Android menggunakan aplikasi yang bernama GBWhatsApp. Aplikasi GBWhatsApp selalu update dalam jangka waktu antara 3 hingga 4 bulan sehingga perlu mendowload ulang jika aplikasi lama tidak bisa lagi digunakan.

Langkah-langkanya juga tidak terlalu sulit. Cukup mendownload aplikasi GBWhatsaApp kemudian silakan lakukan instalasi seperti biasanya, jika sudah silakan ikuti petunjuk hingga selesai. Cara ini pasti berhasil jika diterapkan di Tablet Android

Cara diatas mungkin tidak bisa diterapkan untuk jenis ponsel Android. Jika cara ini tidak berhasil maka perlu menghapus aplikasi WhatsApp official terlebih dahulu. Tahapan nya adalah sebagai berikut.
  1. Uninstal aplikasi WhatsApp versi Official (download dari Play Store)
  2. Cari Folder WhatsApp di menu Folder Saya. Jika sudah silakan ganti folder tersebut menjadi GBWhatsApp
  3. Download dan instal aplikasi GBWhatsApp (link lihat di bawah)
  4. Lakukan registrasi untuk GBWhatsApp
  5. Buka Play Store cari aplikasi WhatsApp, download dan instal , silakan lakukan registrsai
  6. Proses selesai. Dua aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Untuk mendapatkan aplikasi GBWhatsApp silakan download melalui link yang saya berikan di bawah (link download dari Google Drive). Aplikasi GBWhatsApp ini adalah versi 2.17.24 atau update Maret 2017 dimana aplikasi ini sudah mendukung untuk update status WhatsApp. Penjelasan lengkapnya silakan baca di sini


Fitur lengkap dari GBWhatsApp versi 2.17.146 adalah sebagai berikut :
  • Fitur Status WhatsApp: Posting foto, video, dan GIF ke status Anda dan bagikan apa yang terjadi sepanjang hari Anda dengan kontak Anda. Pembaruan status kontak Anda tampil di tab Status, dan hilang setelah 24 jam. Tekan agak lama pada nama kontak di tab Status untuk membisukan pembaruan mereka.
  • Akses kamera dengan cepat dengan mengesek ke kanan di tab Chatting.
  • Aktifkan verifikasi dua langkah di Setelan > Akun untuk meminta kode sandi saat mendaftarkan nomor telepon Anda dengan WhatsApp.
  • Update status video di WhatsApp
Seperti penjelasan sebelumnya aplikasi diatas mungkin tidak akan berlaku dalam jangka waktu 3 sampai 5 bulan. Jika sudah tidak bisa digunakan silakan sampaikan di kolom komentar atau kontak saya. Petunjuk download dan instal silakan lihat pada video di bawah ini. Selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment