Monday, May 1, 2017

Review HUAWEI Mobile WiFi E5577C

MiFi atau yang lebih di kenal sebagai Mobile WiFi sudah tidak perlu saya jelaskan panjang lebar. Pastinya sudah paham karena sering di iklan kan di televisi. Intinya adalah perangkat untuk memancarkan sinyal dari operator seluler. Fungsinya seperti WiFi di smartphone bedanya MiFi hanya bisa menerima SMS saja.

Saya memutuskan membeli MiFi dengan alasan karena sampai detik ini Saya tidak memiliki ponsel dengan fitur 4G. Dari ke 4 ponsel yang saya miliki adalah ponsel model lama dengan fitur 3G. Saya pengguna kartu Simpati dimana kebanyakan paket data yang di tawarkan mengharuskan ponsel menggunakan teknologi 4G. Jadi dari pada paket 4G terbuang percuma. Berbicara tentang paket data Simpati tentu kita ingat kejadian situs resmi Telkomsel di retas oleh hacker, kabarnya mereka sedang meninjau ulang untuk paket harga yang di jual, semoga saja memang benar karena pada dasarnya untuk saya pribadi sebaiknya memang di berikan kemudahan untuk pengguna smartphone 3G.


HUAWEI Mobile WiFi E5577C yang saya beli ini dengan bundling XL Go 90 GB dengan durasi pemakaian selama 90 hari. Kenapa tidak memilih paket Simpati karena harga yang lumayan cukup mahal yaitu sebesar 750 ribuan. Untuk WiFi Huawei E5577C Saya beli dengan harga Rp. 575.000, harga ini terpaut sekitar 10.000 - 15.000 dari toko online.

WiFi Huawei E5577C ini sifatnya ulock atau dapat di isi dengan kartu apa saja selain XL. Pertimbangan ini juga akhirnya saya memutuskan untuk membeli tentunya selain harga yang relatif tidak terlalu mahal. MiFi sendiri ada banyak macam nya dengan harga jual mulai dari 300 rb an. berikut ini sedikit fitur dari Mobile WiFi E5577C :

  • Dapat bekerja di jaringan 3G dan 4G LTE 
  • Unlock operator semua GSM
  • Mendukung LTE cat4 dan kecepatan download hingga 150Mbit/s
  • Mendukung Wi-Fi 2.4 GHz
  • Dapat digunakan hingga 10 perangkat
  • Baterai 1500 mAh
  • Dapat terhubung dengan Smartphone, Tablet, PC, Notebook dan perangkat Wi-Fi lainnya

Saya menggunakan MiFi Huawei E5577C hanya untuk 2 perangkat smart phone saja. Pada awal membeli sebaiknya langsung di buka kardus dan pastikan koneksi lancar. Biasanya ada sisa baterai 1 strip atau 20%. Tujuan jika tidak bisa digunakan langsung bisa di ganti dengan MiFi lainnya. Jika Anda membeli online mungkin dari sana MiFi sudah di buka dengan tujuan untuk memastikan dalam kondisi normal.

Pemakaian baterai MiFi akan sangat tergantung dari kualitas sinyal. Jika sinyal jelek maka pemakaian baterai akan sangat boros. Dari hasil pengalaman untuk pemakaian 2 ponsel hanya mampu bertahan kurang dari 2 jam saja. Untuk kondisi sinyal lancar pemakaian baterai bisa bertahan hingga 4 jam. Baterai MiFi memang terbilang boros meskipun kapasitas 1500 mAh. Disinilah letak kekurangan dari MiFi ini.

Untuk mengetahui apakah terhubung dengan koneksi internet 4G ada pemberitahuan di layar yaitu sinyal LTE di sebelah pojok kiri atas. Jika tidak terhubung dengan 4G maka ada pemberitahuan tulisan 3G. Berapa jumlah perangkat yang terhubung juga akan di tandai dengan tulisan WiFi 1, jika ada 2 perangkat maka tulisan yang tertera adalah WiFi 2.

Karena terhubung dengan sinyal 4G kualitas download dan upload juga sesuai dengan spesifikasi. berbeda saat menggunakan smartphone telkomsel dengan kualitas sinyal 3G.

Username bawaan dari MiFi Huawei E5577C adalah HUAWEI-A1E4, untuk password juga sudah tertera di bagian dalam. Untuk mengganti username dan password bawaan ini juga sudah tersedia URL nya yaitu 192.168.8.1. Untuk cara detail caranya sebagai berikut.

Untuk mengganti password pastikan MiFi sudah terhubung ke perangkat smartphone atau perangkat lainnya. Saya contohkan di sini menggunakan perangkat smartphone saja. Silakan buka aplikasi Google Chrome di smartphone atau browser lainnya. Jika sudah silakan ketik 192.168.8.1 jika sudah silakan tekan opsi langsung buka halaman web.

Pada menu Masuk Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password. Silakan masukkan admin. Username dan password juga sudah ada di bagian dalam saat memasukkan kartu GSM. Tampilan lebih detail seperti pada gambar di bawah ini.


Untuk mengganti username dan passowrd silakan tekan pada menu WLAN. Pilih pada menu Pengaturan Dasar WLAN. Pada kolom SSID adalah nama WiFi dan untuk mengganti silakan tekan pada menu WPA pre-shared key. Jika semua sudah sesuai silakan tekan Terapkan.

Untuk membalas pesan masuk juga dapat menggunakan fitur pada menu SMS, fitur lainnya yang di tawarkan oleh MiFi ini adalah Buku telpon yang dapat di fungsikan untuk memudahkan dalam menulis pesan singkat atau SMS.

keseluruhan dari fitur yang di tawarkan oleh HUAWEI Mobile WiFi E5577C ini sudah sesuai dengan spesifikasi utamanya untuk kecepatan akses dan juga download. Salah satu kekurangan dari MiFi ini adalah daya tahan baterai yang tidak lama. Saya kira untuk modem jenis lainnya akan sama. Atau sebaiknya pilih modem dengan kapasitas baterai 3000 mAh atau lebih. Untuk opsi ini bisa memilih merek yang sama yaitu Huawei E5577. Jika ingin membeli MiFi HUAWEI E5577C silakan membeli dengan mengklik link ini : Huawei E5577 Mobile Wifi 4G LTE with Free Bonus XL 90 GB - Putih dengan harga Rp. 529.000.

No comments:

Post a Comment