Tuesday, December 26, 2017

Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk ke Website PayPal

All New Calya Sejak pertama kali menggunakan PayPal (2016) baru pertama kali mengalami masalah tidak bisa masuk ke situs resmi PayPal. keterangan yang tertera di website paypal kurang lebih seperti ini : Access Denied You don't have permission to access "http://www.paypal.com/" on this server. Reference #18.97736e77.1514282634.d65a205. Untuk di catat saya menggunakan browser Google Chrome dengan PC Windows 7.

Kasus ini menurut saya menarik karena misterius dan sambung menyambung. Misterius karena tidak tahu apa penyebabnya dan sambung menyambung karena kebetulan sesaat sebelum tidak bisa masuk saya menambahkan kartu Visa ke akun PayPal, jadi ada 2 kartu Visa di akun PayPal yang saya gunakan. kartu Visa ini belum saya verifikasi atau lupa melakukan verifikasi.

Untuk mengurai masalah ini Saya akan mencoba menjelaskan terlebih dahulu beberapa hal yang juga cukup unik. Saya kebetulan menggunakan 2 koneksi internet yaitu IndiHome dan MNCPlay, kedua koneksi ini terhubung dengan WiFi untuk saya gunakan mengakses ponsel/Tablet. Koneksi utama PC saya menggunakan MNCPlay sedangkan untuk IndiHome hanya untuk opsional saja atau cadangan.

Ketika menggunakan koneksi MNCPlay untuk akses PayPal di Tablet juga tidak bisa, tapi begitu koneksi saya ganti ke IndiHome tidak ada masalah. Dari sini dapat di simpulkan bahwa masalah IP koneksi MNCPlay yang bermasalah.

Kebetulan lainnya yang juga membuat saya penasaran adalah saat saya akses situs atau website selalu muncul semacam verifikasi, tulisan yang muncul kurang lebih seperti ini : One more step - Please complete the security check to access.... Menurut beberapa situs keterangan ini muncul sebagai keamanan lalu lintas trafik blog, hal ini menunjukkan semakin baik tingkat keamanan. Jujur saja bikin gerah karena harus selalu melakukan cek list untuk dapat membuka website. Dari sini saya menduga akar masalah utama tidak bisa masuk ke situs PayPal adalah hal ini.

Solusi yang dapat saya berikan di sini akan saya bagi dalam dua tahap, jika tahap pertama sukses mungkin tidak perlu lagi melakukan tahapan selanjutnya. Silakan simak dengan detail.

#Instal User-Agent Switcher for Google Chrome
Jika Anda menggunakan Google Chrome untuk akses PayPal silakan tambahkan ekstensi yaitu User-Agent Switcher. Cara ini cukup mudah, ada 3 pilihan silahkan pilih yang paling atas.

Seperti pada penjelasan paragraf awal ini, saya menggunakan Google Chrome, namun pada saat saya menggunakan FireFox akses masuk ke PayPal juga di tolak dengan keterangan sama persis. Artinya browser memang tidak bermasalah, besar kemungkinan karena IP adress.

Mungkin Anda akan bertanya kenapa perlu melakukan ini, karena dari berbagai tutorial juga menggunakan cara ini dan kebetulan juga berhasil, tidak ada salahnya melakukan percobaan.

#Perbaharui Googel Chrome.
Saat saya mencoba membuka Facebook di PC ada pemberitahuan untuk mengupdate Google Chrome ke versi terbaru, dan dari beberapa tutorial juga menganjurkan untuk melakukan update browser. Jadi silakan update browser ke versi terbaru.

Tambahan lainnya silakan lakukan CC Cleaner untuk browser yang digunakan. Silakan download dan instal terlebih dahulu aplikasi Cleaner.

Dari tahapan di atas jujur saya tidak terlalu paham sebab utama masalah ini, besar kemungkinan karena IP Adress karena dengan Google Chrome dan FireFox sama sama di tolak. Jika karena IP adress sementara saya tidak melakukan perubahan IP kemudian saya bisa lagi akses PayPal saya menduga karena verifikasi Visa sebelumnya tidak di lakukan, artinya harus menyelesaikan tahapan verifikasi Visa agar IP yang terdeketsi kembali di buka blokirnya.

Sekali lagi ini hanya asumsi saja karena Saya sendiri sudah menghubungi pihak PayPal namun untuk berkomunikasi dengan orang PayPal dari Indonesia belum bisa. Saya mengira-ngira orang Indonesia lebih paham di bandingkan orang Singapura karena masalah ini terkait koneksi MNCplay dan IndiHome. Silakan di coba, sampaikan di kolom komentar jika kebetulan mengalami kendala.

No comments:

Post a Comment