Friday, July 22, 2016

Cara Memasang Contact Form Dengan EmailMeFrom

Berbeda dengan widget Contact Form dengan fitur standart untuk EmailMeFrom fitur yang ditawarkan sangat beragam. EmilMeForm tidak hanya berfungsi untuk Contact From Blog saja. Fitur yang ditawarkan dibagi dalam tiga kategori yaitu Custom, Themes dan Templates. Masing-masing fitur ini dapat digunakan untuk beragam jenis fungsi.

Untuk kategori Theme terdiri dari Create New, Employment Application dan Employment Application. Khusus untuk Create New fitur ini diwajibkan untuk mengupgrade akun ke versi berbayar atau berlangganan.

Untuk kategori Templates terdiri banyak kategori yaitu Agriculture, Associations, Automotive, Education, Events, Faith, Government, Healthcare, Internet, Large Business, Marketing, Non-Profit, Personal, Realty, Restaurants, Retail, Services, Small Business, Software dan Travel.

(Baca : Tips Membeli Domain)

Fitur yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah fitur Custom  dimana fitur ini menu-menu dapat kita buat sendiri dari awal seusai dengan kebutuhan. Bedanya dengan menu Themes dan Templates fitur yang ditawarkan sudah tersedia namun dapat di edit seperti halnya menu Custom.

Langkah #1 Silakan mendaftar terlebih dahulu dengan mengunjungi situs resminya yaitu www.emailmeform.com. Silakan klik pada menu SIGN UP FREE. Lakukan pendaftaran dengan menggunakan akun Facebook, Google+ atau daftar mendaftar dengan menggunakan email.


Langkah #2 Silakan klik pada menu Add From menu ini ada disebelah kanan atau yang Saya beri tanda panah pada gambar di bawah ini.


Langkah #3 Silakan pilih pada menu Take me to From Bilder. I'd like to create my form. Jika mengklik pada Go to the Template section. I'd like to choose from a list of pre-made forms maka akan langsung diarahkan ke menu Templates.


Langkah #4 Buat Form dengan menekan pada menu BASIC, ADVANCED dan SURVEY. Jika ingin menggunakan EmailMeFrom untuk Concat Form cukup menggunakan menu BASIC saja sudah cukup. Gunakan menu Add Files atau logo + warna hijau untuk menambahkan baris baru.


Langkah #5 Jika semu data sudah sesuai silakan tekan menu Save Form. Untuk melihat hasil form yang sudah dibuat dapat dilihat di menu My Forms.

(Baca : Rekomendasi Hosting Terbaik Dari Luar Negeri)

Langkah #6 Memasukkan Form yang sudah jadi ke dalam postingan Blog. Masuk ke menu MyForms pilih Form yang sudah jadi kemudian klik menu Code seperti pada gambar dibawah ini.


Langkah #7 Pada menu Embed silakan klik pada menu Full Code (powe-user only) kemudian silakan copy pada menu HTML Only (deprecated, basic functions only). Atau juga dapat memilih pada menu HTML+CSS+JS: (flexible, less stable).


Langkah #8 Silakan masuk ke menu create New atau buat post baru di Blog kemudian pilih menu HTML dan pastekan kode tersebut jika sudah silakan publish. Proses selesai.

Contoh dari concat from yang sudah Saya buat sebagai berikut. Pada contoh ini sudah menggunakan Capta dengan Full kode tipe HTML+CSS+JS: (flexible, less stable). Untuk contoh EmailMeFrom yang menggunakan kode HTML Only (deprecated, basic functions only) silakan lihat pada blog Toyota Indonesia.


Untuk EmailMeFrom versi gratis ini hanya dapat meneriman pesan sebanyak 100 dalam jangka waktu 1 Bulan atau 100 Mb. Jika ingin menggunakan layanan yang lebih banyak dapat melakukan upgrade akun dan yang pasti berbayar.

Demikian tutorial Cara Memasang Contact Form dengan pihak ke-3 yaitu EmailMeFrom. Jika ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar kita bahas bersama. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment