Tuesday, July 19, 2016

Cara Mengetahui Nomor Speedy / IndiHome dan Password

Ada dua jenis nomor Speedy (IndiHome) yang merupakan bawaan dari sejak awal berlangganan. Nomor pertama adalah nomor telepon sesuai dengan daerah masing-masing di Indonesia. Fungsi nomor ini adalah jika Speedy atau IndiHome juga di fungsikan untuk telepon. Untuk nomor kedua adalah nomor kode 12 digit angka yang biasanya digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan Speedy atau IndiHome, bisanya orang IndiHome menyebutnya nomor internet.

Kedua nomor ini ada pada kertas password (amplop) yang diberikan pada saat awal berlangganan/pemasangan IndiHome. Untuk nomor IndiHome dengan kode wilayah seperti (024) tidak dapat digunakan untuk membayar tagihan di kantor pos atau via internet bangking. Nomor yang dapat digunakan adalah nomor dengan 12 digit angka. Jika nomor ini lupa atau hilang maka tagihan internet tidak akan bisa dibayar. Nah jika kebetulan pembaca Blog ini sedang mengalami masalah lupa nomor IndiHome, berikut ini Saya akan berikan tutorialnya.

(Baca juga : Cara Termudah Mengajukan Kartu Kredit)

Untuk mengecek nomor Speedy, Saya menggunakan komputer Windows 7. Komputer jenis Windows lainnya caranya hampir sama. Untuk jenis modem yang Saya gunakan adalah TP-LINK TD-W8951ND.

Langkah #1 Lakukan pengaturan, cari pada menu Control Panel > Uninstal Program


Langkah #2 Klik pada menu Turn Windows features on or off


Langkah #3 Beri tanda centang pada kotak yang bertuliskan Telnet Client dan Telnet Server


Langkah #4 Silakan klik pada menu Windows pada kolom Search ketik cmd. Jika ketemu klik saja menu tersebut.

Langkah #5 ketik telnet 192.168.1.1. Kode ini mungkin akan berbeda untuk beberapa tipe modem. Untuk lebih detailnya silakan cek dibagian belakang modem. Selanjutnya tekan Enter pada Keyborad.


Langkah #6 Pada saat diminta memasukkan password silakan masukkan admin, password ini juga akan berbeda untuk jenis modem yang digunakan. Lebih detailnya dapat dicek di bagian belakang modem juga sudah tertera. Tekan Enter dengan keyboard.

Langkah #7 ketik show all kemudian tekan Enter dengan keyboard.

Langkah #8 Selesai, gambar dibawah ini adalah username berserta password bawaan Speedy atau IndiHome. PPP Username adalah nomor Speedy atau IndiHome, sebelum kode @telkom.net adalah 12 digit angka nomor Speedy. PPP Password adalah password bawaan Speedy yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka sebanyak 10 digit.


Nomor Speedy dan password ini juga dapat digunakan untuk pengaturan ulang jika kebetulan melakukan reset modem dengan menekan lubang kecil yang berada pada bagian belakang modem. Lebih jelas detail penjelasannya silakan baca disini.

Demikian tutorial Cara Mengetahui Nomor Speedy / IndiHome dan Password bawaan Speedy/IndiHome. Jika ada pertanyaan silakan sampaikan dalam kolom komentar Kita diskusikan bersama.

No comments:

Post a Comment