Sunday, March 12, 2017

Cara Mudah Mengganti Password WiFi Speedy Via Smartphone

Sebelumnya Saya berfikir password WiFi Speedy atu IndiHome hanya bisa di ganti dengan koneksi LAN saja dengan PC. Ternyata pendapat Saya salah, tidak harus dengan PC atau Laptop dengan Smartphone ternyata juga bisa.

Bisa di bayangkan jika harus menggunakan Laptop atau PC untuk mengganti password WiFi Speedy tentu hal ini akan merepotkan untuk customer pemilik cafe atau rumah makan. Biasanya di tempat ini jarang ada PC atau Laptop, dan modem biasanya juga di tempatkan di posisi lebih tinggi sehingga akan repot untuk di jangkau.

Mengganti password WiFi Speedy langkah-langkahnya sama seperti menggunakan Laptop atau PC. Syaratnya hanya satu Smartphone tersebut terkoneksi dengan jaringan WiFi Speedy atau IndiHome yang ingin di ganti passwordnya. Jika sudah silakan masukkan saja IP addres di Google Chrome atau browser lainnya yang ada di Smartphone. IP addres ini berbeda untuk tiap modemnya. Untuk modem yang saya gunakan adalah 192.168.1.1. Modem tipe lainnya silakan lihat di bagian bawah modem untuk kode IP addres nya.

Permasalah yang muncul biasanya adalah loading lama atau tidak bisa di akses sama sekali. Penyebab dari masalah ini adalah modem error. Hal yang wajar menurut teknisi Telkom. Maka solusinya adalah dengan melakukan resert modem (hard reset) yaitu dengan menekan pada lubang pada bagian belakang modem sebelah tombol On Off.

Sebelum melakukan hard reset sebaiknya siapkan dulu password dan username bawaan dari Speedy. Silakan lihat di selembar kertas yang di dapat pada awal pemasangan instalasi Speedy. Pada kertas tersebut sudah ada password untuk modem. Jika kertas sudah hilang maka untuk mencari username dan passowrd bawaan harus menggunakan Komputer atau PC. Untuk penjelasannya akan Saya bahas pada artikel berikutnya.

Tekan dengan durasi sekitar 3 detik jika sudah lepaskan. Tanda bahwa modem sudah di reset adalah semua lampu pada modem akan mati sendiri kemudian akan menyala. Sampai tahap ini modem sudah berhasil di reset dan lakukan proses setting awal untuk modem. Langkah-langkahnya berikut ini

Langkah #1
Silakan buka Google Chrome di ponsel Android atau browser lainnya di Smartphone ketik saja 192.168.1.1 jika sudah masuk kemudian isi kan pada menu username dengan admin dan password juga admin. Sekali lagi untuk jenis modem mungkin username dan password akan berbeda.

Langkah #2
Masuk ke menu Interface Setup kemudian pada kolom Virtual Circuit pilih PVC1, untuk VPI masukkan angka 8 dan untuk VCI masukkan angka 81.

Pada kolom PPPoE/PPPoA untuk kolom username masukkan nomor Speedy yang Anda dapat pada saat pertama kali berlangganan Speedy. Nomor yang di maksud disini adalah 12 digit angka buka nomor telepone (nomor yang digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan). Untuk Password juga sudah di sediakan pada saat pertama kali pemasangan instalasi Speedy. Pasworrd ini berupa kombinasi 10 huruf dan angka.

Masih pada menu Interface Setup geser menu ke bawah temukan menu Default route pastikan terisi atau di centang pada tulisan Yes. Jika sudah silakan klik pada menu SAVE.

Sampai tahap ini pengaturan untuk modem sudah selesai. Nama WiFi akan kembali ke awal dan pengaturan untuk passoword juga kembali ke awal.

Langkah #3
Untuk menganti password WiFi Speedy silakan masuk ke menu Interface Setup kemudian pilih menu Wirless. Geser kebawah temukan menu SSID. Untuk mengganti nama Wifi Speedy silakan ubah pada kolom SSID ini. Untuk mengganti password Speedy pilih pada menu Pre-Shared Key.

Jika sudah silakan tekan SAVE. Username dan password WiFi Speedy atau Indihome sudah jadi. Cari diatas untuk modem jenis TP-LINK TD-W8951ND atau yang menggunakan IP adress 192.168.1.1. Untuk modem jenis lainnya bedanya adalah username dan passwordnya saja. Silakan di praktek kan jika ada pertanyaan silakan sampaikan dalam kolom komentar. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment