Monday, March 13, 2017

Solusi Lupa Kode Akses BCA Mobile

Transaksi perbankan terutama untuk keperluan belanja online yang biasa saya lakukan adalah dengan menggunakan fasilitas M-Banking dari Bank Central Asia (BCA). Transaksi ini lebih sering untuk membayar tagihan Speedy, membayar tagihan domain dan hosting atau membeli saldo PayPal. Meskipun saya juga memiliki 4 bank lain namun yang aktif hanya BCA saja praktis semua keperluan belanja online menggunakan fasilitas dari BCA.

Kemudahan dengan transaksi ini membuat saya menggunakan fasilitas M-Banking BCA. Cukup berbekal ponsel tipe apa saja asal kartu mendukung dan sudah di registrasi sudah dapat menggunakan untuk berbagai keperluan termasuk cek saldo.

Biasanya setiap 2 atau 3 hari sekali Saya selalu melakukan transaksi dengan M-Banking BCA dengan beberapa orang yang sama. Karena selalu berulang dan setiap mengirim harus memasukkan nomor rekening secara manual maka solusi mudahnya adalah menggunakan fasilitas yaitu BCA Mobile karena ada fitur yang berisi transaksi favorit atau transaksi yang sering di lakukan. Dengan fitur ini artinya pengguna tidak perlu lagi memasukkan nomor rekening penerima saat mentransfer uang.

Beberapa hari yang lalu saat Saya ingin melakukan transaksi dengan BCA Mobile Saya kesulitan ketika melakukan log in yaitu pada saat di minta untuk memasukkan 6 digit kode numerik. Intinya kode yang saya masukkan salah. Kebetulan pas lewat di kantor cabang BCA saya mampir untuk menanyakan masalah ini. Saya sampaikan keluhan tentang kode ini dan jawaban dari customer service untuk kode ini adalah kode digit 6 angka yang digunakan pada ATM atau M-Banking.

Karena kebetulan ponsel tidak saya bawa jadi saya percaya saja, ternyata sampai di rumah saya coba lagi tetap tidak bisa. Jelas-jelas ada tulisan kode terdiri dari numerik dan alfabetik yang artinya harus terdiri dari huruf dan angka. Dari hasil googling ternyata memang benar harus terdiri dari huruf dan angka. Maka solusinya adalah membuat 6 digit kode baru. Cara seperti ini.

Langkah #1
Silakan buka Smartphone cari aplikasi BCA Mobile kemudian hapus terlebih dahulu. Untuk ponsel tipe Android seperti yang Saya gunakan cukup masuk ke Play Store cari BCA Mobile kemudian pilih opsi delete atau hapus.

Atau bisa juga melalui menu Pengaturan di ponsel Android. Silakan masuk ke menu Pengaturan > Manajer aplikasi > BCA Mobile > Delete atau Hapus.

Langkah #2
Instal kembali aplikasi BCA Mobile tahapan nya seperti tahapan pada langkah 1. Jika sudah terinstal silakan buka dan klik salah satu menu. Sampai tahap ini akan ada menu yang berisi persetujuan atas penggunaan aplikasi ini. Pilih saja Setuju.

Langkah #3
Silakan buat  6 digit kode numerik baru. Harus terdiri dari huruf dan angka. Bisa huruf besar atau huruf kecil. Sebagai contohnya adalah Ab2017. Silakan ulangi sekali lagi. Jika sukses maka otomatis akan masuk ke menu BCA Mobile. Jika lampu berwarna hijau  tandanya bisa langsung digunakan untuk melakukan transaksi.

Untuk registrasi ini akan dikenakan biaya SMS. besaran biaya ini akan tergantung dari masing-masing provider namun yang pasti tidak akan lebih dari Rp. 1000.

Proses selesai BCA mobile sudah dapat digunakan kembali. Perlu diketahui kode 6 digit angka yang dimaksud oleh customer service BCA ini adalah kode pada saat melakukan transaksi di BCA Mobile. Jadi tahapannya adalah memasukkan kode 6 digit numerik setelah memilih transaksi maka akan di minta memasukkan kode digit 6 angka, kode ini adalah kode yang sama pada saat menggunakan ATM atau M-Banking.

No comments:

Post a Comment