Thursday, October 19, 2017

Cara Melakukan Pembayaran Online Tanpa Rekening Bank

All New Calya Sudah lebih dari 5 tahun terakhir ini Saya memiliki usaha jual beli barang (online shop) maupun jasa pembayaran internasional. Khusus untuk pembayaran internasional ini lebih banyak ke berlangganan aplikasi berbayar dengan metode pembayaran Paypal dan kartu kredit.

Metode pembayaran yang saya gunakan adalah menggunakan sistem transfer ke rekening bank yang saya miliki. Kebanyakan customer memang sudah memiliki atau setidaknya paham bagaimana cara melakukan pembayaran dengan sistem transfer bank namun banyak masih banyak customer yang umumnya tidak memiliki rekening bank dan kesulitan untuk melakukan pembayaran.

Bagi Anda yang ingin melakukan pembayaran jual beli online namun terkendala tidak memiliki rekening bank berikut ini Kami bagikan tutorialnya. Kebetulan cara ini juga sudah di gunakan oleh beberapa customer yang membeli barang atau jasa dari Saya.

Setor Tunai Bank
Metode ini cukup mudah bagi Anda yang tidak memiliki rekening bank untuk membeli produk via online. Bank memberikan fasilitas yang di nama kan setor tunai. Customer cukup datang saja ke bank terdekat untuk melakukan pembayaran.

Untuk setor tunai customer cukup mengambil nomor antrian ke bagian Teller atau jika masih bingung silakan tanyakan ke satpam bank mau melakukan setor tunai. Kebanyakan bank saat ini tidak perlu mengisi form atau lembar isian. Namun jika diminta silakan isi saja lembaran tersebut.

Anda cukup mengisi saja nomor rekening penerima dan juga nama lengkap si penerima. Isi juga bagian tanggal dan sertakan nama lengkap Anda beserta tanda tangan. Jika semua sudah di isi silakan tunggu hingga nomor antrian Anda di panggil.

Kekurangan dari setor tunai bank adalah masalah waktu atau jam buka bank dimana hampir kebanyakan bank hanya melayani sampai dengan jam 15.00 WIB. Biaya setor tunai ini juga relatif murah, sebagai gambaran adalah untuk bank BCA sebesar Rp. 5.000.

Transfer Uang di Alfamard dan Alfamidi
Cara kedua ini sangat praktis dan mudah. Anda hanya perlu datang ke Alfamart/alfamidi terdekat dari tempat tinggal Anda. Syarat lainnya adalah Anda memiliki nomor telepon aktif dan si penerima cukup memiliki KTP yang masih berlaku atau aktif.

Silakan Anda bilang ke kasir Alfamart ingin melakukan transfer uang. Persiapkan jumlah uang yang ingin di transfer, nomor telepon dan juga KTP. Setelah itu berikan data penerima uang yaitu nama lengkap dan nomor telepon seluler yang aktif. Jika semua proses sudah selesai Anda akan menerima SMS berisi 10 digit angka atau yang dikenal dengan MTCN (Money Transfer Control Number) dimana angka ini nantinya harus Anda berikan ke penerima dana.

Penerima uang harus mengambil di Alfamart dengan membawa KTP serta menyebutkan 10 digit angka yang di dapat dari si pengirim uang. Setelah angka benar petugas atau kasir akan menyebutkan besaran uang dan nama si pengirim. Jika si penerima uang sudah mengambil maka pengirim akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan bahwa uang sudah diambil. Pengiriman ini juga dapat di batalkan selama penerima uang belum melakukan pengambilan uang.

Kelebihan lain dari pembayaran ini adalah waktu pembayaran yang relatif lebih lama dari pada bank. Untuk daerah di perkotaan bahkan bisa melayani 24 jam tergantung jam operasional alfamart/alfamidi. Kekurangan adalah di biaya yang dikenakan relatif sedikit lebih mahal bila di bandingkan dengan bank.

No comments:

Post a Comment