Thursday, November 2, 2017

Cara Menggunakan Fitur Menghapus Pesan Terkirim di WhatsApp

All New Calya Salah satu fitur terbaru yang cukup menarik dari WhatsApp adalah menghapus pesan yang sudah terlanjur di kirim. Ada sebagian pengguna aplikasi ini yang sudah bisa menggunakan namun ada juga yang belum dapat menggunakan. Saya termasuk dari salah satu yang berhasil dan tidak, karena saya menggunakan aplikasi WhatsApp di 3 jenis perangkat yang berbeda.

Pada perangkat berjenis tablet merek Samsung yang saya miliki meskipun sudah menggunakan aplikasi terbaru untuk fitur ini tidak bisa di gunakan. Sedangkan untuk kedua jenis Smartphone yang saya miliki keduanya sukses menggunakan fitur penghapus pesan terkirim.

Seperti diketahui aplikasi WhatsApp versi tablet memang tidak dapat di unduh resmi di Play Store. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini pengguna tablet harus menginstal dengan mengunjungi situs resmi WhatsApp, namun demikian ada trik tersendiri agar bisa mendownload. Jika kebetulan Anda adalah pengguna tablet silakan baca informasi selengkapnya di link ini.


Seperti pada gambar di atas untuk menghapus pesan terkirim cara nya tinggal menekan pesan yang ingin di hapus kemudian akan muncul pilihan yaitu HAPUS UNTUK SAYA, BATAL dan HAPUS UNTUK SEMUA ORANG. Pilihan pertama atau HAPUS UNTUK SAYA ini adalah menghapus untuk Anda saja artinya si penerima masih bisa membaca pesan yang Anda kirim. Jadi fitur ini adalah fitur lama sebelum ada fitur hapus pesan.

Untuk menghapus pesan yang sudah terlanjur dikirim menggunakan menu HAPUS UNTUK SEMUA ORANG. Saat Anda akan menghapus pesan ini muncul pemberitahuan "Pesan akan di hapus jika penerima menggunakan aplikasi Whatsapp versi terbaru" artinya si penerima juga harus menggunakan aplikasi Whatsapp versi terbaru dengan catatan si penerima sudah dapat menggunakan fitur penghapus pesan terkirim atau belum itu tidak menjadi masalah.

Sebagai pembuktian adalah saya mencoba mengirim pesan Whastapp ke perangkat Tablet Samsung yang saya miliki. Meskipun aplikasi Whatsapp sudah versi terbaru atau 2.17.393 namun belum dapat menggunakan fitur penghapus pesan terkirim tapi fitur penghapusan pesan terkirim tetap bekerja di perangkat ini, jadi jika aplikasi Whastapp si penerima pesan masih versi lama maka fitur pembatalan pesan terkirim ini tidak akan bekerja. Sebagai tambahan catatan durasi waktu pesan terkirim dapat di hapus tidak boleh lebih dari 7 menit, jika lebih dari 7 menit sejak dikirim maka fitur penghapusan pesan tidak akan muncul.

Kenapa hanya 7 menit mungkin menjadi pertanyaan banyak orang. Bisa jadi karena baru saja di luncurkan atau masih dalam tahap uji coba, kedepan durasi waktu pastinya akan lebih lama. Untuk Anda pengguna aplikasi WhatsApp yang belum bisa menggunakan fitur penghapusan pesan terkirim ini silakan sampaikan dalam  kolom komentar. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment