Saturday, July 28, 2018

Apa Itu Kredivo dan Cara Menggunakannya

Saya kebetulan sedang membutuhkan ponsel baru dan pilihan jatuh ke Samsung Galaxy A8. Alasan membeli produk ini karena kebetulan Saya membeli secara online dan ready stock. Sebetulnya ingin membeli produk dari merek lain sekedar untuk mencari tahu keunggulan dan kekurangan karena sejak dulu Saya adalah pengguna ponsel merek Samsung.

Sayangnya produk dari merek lain adalah jenis ponsel 'Gaib'. Ponsel yang Saya maksud di sini adalah Asus ZenFone 5 dimana harga di online shop adalah Rp. 4.299.000. Harga flash sale lebih murah lagi yaitu Rp. 3.999.000 tapi sekali lagi ponsel ini susah di cari. Jika toh ada barang harganya juga melebihi harga resmi, lebih parahnya harga ini sangat tinggi.

Dalam dua minggu tarakhir ini Saya mencari dan membandingkan harga ponsel dari berbagai online shop / Marketplace dan pilihan jatuh antara Lazada dan JD.ID. Dua marketpalce ini memiliki harga lebih murah dari marketpalce lainnya. Ketersediaan produk yang ingin Saya beli hanya ada di Lazada sementara di JD.ID stok kosong namun bisa pre-order dengan duarsi waktu antara 3-7 hari kerja untuk ready stock.

Singkat cerita Saya memutuskan membeli di Lazada karena harga lebih murah dari JD.ID dan barang ready stock namun masalah nya adalah khusus produk Samsung Galaxy A8 hanya bisa di beli melalui kartu Kredit atau Kredivo. Saya mencoba metode baru yaitu melalui Kredivo.

Hari ini juga Saya coba instal aplikasi Kredivo dan membuat atau mendaftar dan hari ini juga aplikasi di setujui. Tanpa berlama-lama Saya gunakan Kredivo untuk melakukan transaksi yaitu membeli ponsel Samsung Galaxy A8 seharga Rp. 5.199.000.

Saat proses pembayaran melalui Kredivo ada pilihan pembayaran yaitu 30 hari tanpa bunga atau lebih dari 30 hari dengan bunga. Detailnya adalah Cicilan 3 bulan (bunga 2,95%), Cicilan 6 bulan (bunga 2,95%) dan Cicilan 12 bulan (bunga 2,95%). Saya pilih 30 hari tanpa bunga. Saat proses pembayaran ternyata di tolak dengan keterangan limit untuk saldo Anda hanya Rp. 1.000.000,.

Penjelasannya begini. Akun Kredivo dengan bunga 0% hanya bisa berbelanja dengan limit maksimal 1 juta lebih dari itu artinya tidak bisa atau harus upgrade layanan. Karena saya membeli ponsel dengan harga di atas 5 juta pastinya pembayaran di tolak. Jadi mau tidak mau harus menggunakan metode cicilan dengan durasi 3, 6 atau 12 bulan. Perlu di ketahui bunga cicilan ini melebihi dari cicilan kartu kredit (CC) dimana biasanya adalah berkisar 2,25%.

Bagaimana jika ingin upgrade layanan di Kredivo. Ternyata lebih rumit karena hampir mirip dengan proses pengajuan kartu kredit dimana harus ada nomor telepon tempat bekerja dan yang lebih parah lagi harus menghubungkan akun kredivo dengan akun internet banking.

Jika dibandingkan antara Kredivo dengan Kartu Kredit untuk transaksi jelas lebih unggul menggunakan CC karena tidak di kenakan bunga alias bunga 0% dengan durasi waktu sama yaitu 3, 6 dan 12 bulan. Sayangnya untuk pembayaran dengan kartu kredit dari berbagai situs atau pengalaman pembeli di surat pembaca juga beresiko dimana salah satu customer ternyata mendapat biaya alias bunga kartu kredit.

Untuk segala kekurangan yang ada di situs Lazada ini opsi pembayaran di situs JD.ID lebih baik karena di sediakan metode transfer bank atau metode pembayaran lainnya yang memudahkan calon pembeli. Untuk ini Saya lebih memilih JD.ID meskipun harga sedikit lebih mahal dan barang di kirim lebih lama. Anda punya penggalamn lain? silakan sampaikan di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment