Saturday, August 4, 2018

Pengalaman Mengganti Kartu 3G ke 4G

Saya memiliki 2 kartu yang pertama Indosat dan kedua Telkomsel. Kartu pertama / Indosat Saya miliki sudah cukup lama atau sebelum ada 4G, jadi sudah bisa dipastikan belum tekoneksi dengan jaringan 4G. Untuk kartu kedua / Telkomsel relatif baru, Saya beli kurang lebih 1 tahunan.

Kartu Telkomsel ini berjenis Loop dimana pada pembungkus kartu memang tidak tertulis jelas apakah sudah 4G. Cara mengetahui kartu perdana terhubung 4G apa belum, menurut pengakuan customer service dari Telkomsel memang harus ditanyakan ke penjual atau di cek pada saat di aktifkan ke ponsel.

Cara ceknya sebagai berikut. Setelah kartu di aktifkan silakan masukkan kode angka *888*47# lalu tekan Call atau panggil. Kemudian masukkan angka 1. atau Cek kartu tekan Kirimkan kemudian pilih lagi nomor 1 atau cek 4G. Jika kartu sudah 4G maka akan ada tulisan kartu Anda sudah 4G

Kedua kartu yang saya miliki ini sama sekali tidak pernah saya gunakan untuk koneksi internet karena Saya lebih sering beli perdana sekali pakai. Dikarenakan cara ini sudah tidak lagi prakstis harus bongkar pasang Saya memutuskan untuk memaketkan kedua kartu ini untuk koneksi internet. Dari sini ketahuan bahwa kartu Simpati Saya belum terkoneksi dengan jaringan 4G.

Mengganti Kartu Indosat 3G ke 4G.
Saya kebetulan tinggal di kota Semarang. Satu-satunya tempat atau layanan Indosat di Semarang untuk masalah seputar kartu Indosat hanya di layani di Gerai Indosat Ooredoo yang beralamatkan di jalan Pandanaran No. 131 Mugassari Semarang Selatan. Lokasi cukup mudah dicari karena berada di kawasan Simpang Lima.

Persyaratan untuk mengganti kartu Indosat dari 3G ke 4G juga sangat mudah hanya membawa KTP saja dengan Syarat KTP tersebut adalah identitas yang di gunakan untuk aktifasi sesuai dengan regulasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jika KTP atas nama orang lain (orang tua) sebaiknya membawa juga KTP tersebut sertakan juga KK.

Proses nya cukup mudah. Silakan sampaikan ke bagian Customer Service yang ada di depan pintu masuk atau di bagian pengambilan nomor antrian. Proses penggantian kartu langsung atau saat itu juga hanya dengan menggunakan KTP saja. Setelah proses selesai Anda akan diberikan kartu baru. Untuk kartu lama silakan di buang saja karena dalam waktu 2 jam akan otomatis tidak aktif dengan sendirinya.

Semua proses penggantian ini gratis dan tidak mewajibkan customer harus membeli pulsa atau paket kuota.

Mengganti Kartu Telkomsel 3G ke 4G
Layanan customer dari Telkomsel ini dikenal dengan istilah Grapari. Jumlahnya lebih banyak bila di bandingkan dengan Gerai Indosat. Karena kebetulan rumah Saya berada di Semarang atas Saya memilih ke Grapari Banyumanik yang beralamatkan di Jati Raya Blok C No.13 Srondol Wetan Banyumanik.

Membandingkan ukuran kantor Gerai Indosat dengan Grapari jelas beda jauh. Jumlah CS hanya 3 dan ruangan cukup kecil. Bagi Saya pribadi lebih senang yang lebih dekat dari rumah ketimbang kantor yang besar dan yang lebih penting lagi adalah masalah teratasi dengan cepat.

Proses penggantian kartu dari 3G ke 4G untuk Telkomsel syaratnya sama dengan Indosat yaitu dengan menggunakan KTP. Sekali lagi pastikan KTP ini adalah identitas yang di gunakan untuk registrasi jika beda siapkan KTP yang lain. Jika kebetulan kartu Telkomsel terhubung dengan Mobile Banking siapkan juga identitas lainnya yaitu Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa SIM apa saja yang penting aktif.

Anda akan di tanya seputar informasi pribadi dalam hal ini adalah nama Ibu kandung. Bisa juga akan di tanya nomor saudara kandung yang memiliki nomor Telkomsel. Pastikan juga kartu yang akan di ganti juga dibawa karena prosesnya berbeda dengan Indosat dimana kartu tidak harus di bawa.

Biaya yang di bebankan sebesar Rp. 75.000 dimana biaya ini nantinya akan berganti menjadi paket internet sebesar 10 GB. Jika kebetulan Anda sudah memiliki paket sebelumnya maka akan otomatis di tambahkan. Setelah proses selesai, saat itu juga kartu akan berganti menjadi 4G tidak harus menunggu 2 jam seperti Indosat.

Selama proses penggantian kartu 4G di Grapari ini saya mengalami sedikit kejadian yang tidak mengenakkan. Setelah proses selesai dan kartu menjadi 4G saya coba cek untuk M-banking karena kebetulan Saya gunakan M-banking BCA dan Mandiri. Setelah itu Saya bermaksud untuk menayakan seputar paket internet Simpati dimana di paket tersebut Saya menemukan harga sama tapi kuoatnya berbeda yaitu 2 G dan 3 G. Belum sempat bertanya saya di minta untuk segera pergi dengan alasan ada pelanggan lain yang antri.

Saya menanyakan bukan tidak ada alasan karena bagaimanapun juga ke depannya saya akan berlangganan setiap bulan. Karena itu saya bersikukuh kepada CS untuk menanyakan ini meskipun sudah di "usir".

Saya kebetulan juga pelanggan IndiHome (salah satu produk dari Telkom) dan sudah sering bolak-balik ke Plaza Telkom yang ada di jalan Pemuda. Setiap komplain di tanggapi dengan baik dan biasanya juga lama. Bagimanapun juga CS ini mewakili perusahaan. Meskipun ada layanan SMS untuk kepuasan customer terhadap layanan customer service dengan skor 1-5 saya lebih memilih untuk tidak menanggapi karena bagaimanapun juga bisa akan berakibat buruk bagi si CS.

No comments:

Post a Comment