Sunday, July 3, 2016

Cara Mengganti Domain Blogspot Ke Domain Berbayar (TLD)

Sebelum memulai tutorial ini ada baiknya Saya akan sedikit membahas apa itu domain TLD, hanya sebagai pengetahuan saja karena Saya yakin para pembaca Blog ini sudah banyak yang mengerti. Domain TLD merupakan kepanjangan dari Top Level Domain artinya domain yang dapat di sewa dengan jangka waktu tertentu dengan nilai sewa yang berbeda-beda untuk tiap jenisnya.

Top Level Domain (TLD) masih dibagi dalam dua kategori yaitu regional dan internasional. Untuk jenis domain TDL regional ini biasa disingkat dengan rTLD. Regional artinya berlaku untuk negara masing-masing oleh karena itu untuk mendapatkan domain ini harus ada syarat minimal yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Domain TLD regional Indonesia yang sudah cukup familier adalah .co.id atau ac.id. Pada tanggal 17 Agustus 2014 bertepatan dengan HUT RI ke 69 Pandi selaku pengelola domain rTLD Indonesia resmi merilis Domain Tingkat Tinggi (DTT) .id. Namun sayangnya domain ini harganya cukup mahal bila dibandingkan dengan Domain Tingkat Dua (DTD). Selisih harga mencapai 5 kali lipat. Untuk saat ini harga sewa domain .id berkisar Rp. 500.000/ tahun.

Berikut ini adalah daftar domain regional Indonesia yang ada saat ini beserta syarat dan ketentuan untuk mendapatkannya.

NAMA DOMAIN SYARAT
.ac.id
  • KTP Republik Indonesia.
  • SK Pendirian Lembaga dari Kementerian/Lembaga yang berwenang sesuai Peraturan perundang-undangan.
  • Surat Keterangan Rektor atau Pimpinan Lembaga.
.biz.id
  • Scan KTP Penanggung Jawab
.co.id
  • KTP Republik Indonesia.
  • SIUP/TDP/AKTA/Surat Izin yang setara.
  • Sertifikat Merek (bila ada)
.id
  • Jika personal hanya scan KTP Penanggung Jawab.
  • Jika perusahaan / Merek harus ada sertifikasi merek.
.my.id
  • Scan KTP Penanggung Jawab
.or.id
  • Scan KTP Pimpinan Lembaga
  • Scan Akta Notaris atau SK Intern Organisasi
.ponpes.id
  • Scan KTP 
  • Surat keterangan dari pimpinan pondok pesantren / lembaga
.sch.id
  • KTP Republik Indonesia.
  • Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Pimpinan Lembaga.
  • SK Pendirian Lembaga dari Kementerian atau SKPD terkait.
.web.id
  • Scan KTP Penanggung Jawab

Untuk domain internasional tentunya sudah sangat paham, antara lain .com, .net, .org, .xyz, .co, .club, .tv, .cc, .club dan masih banyak lagi. Cara mendapatkan juga sangat mudah karena tidak dibutuhkan persyaratan apa pun.

Perbandingan harga domain rTLD dengan iTLD berbeda hanya pada beberapa domain saja. Lebih murah untuk domain rTLD khusus untuk nama domain my.id, web.id, biz.id. Harga lebih murah yaitu berkisar Rp. 50.000 dikarenakan domain ini belum populer atau tidak populer. Untuk harga domain lain rTLD maupun iTLD berkisar antara Rp. 100.000 - 150.000 / tahun.

Semua domain baik TLD maupun rTLD dapat di custom dengan menggunakan domain Blogspot. Syaratnya hanya butuh Name Server saja yang nantinya digunakan untuk menghubungkan nama domain dengan hosting Blogspot. Untuk dapat mengganti domain Blogspot dengan domain berbayar (TLD) pastinya harus membeli di penyedia jasa domain yang memiliki Name Server. Hampir semua penyedia jasa domain sudah memiliki fitur ini, bedanya mungkin di cara settingnya saja.

Membeli Domain Top Level Domain. 
Jika Sobat sudah memiliki domain berbayar (TLD) silakan simak tutorial lengkapnya berikut ini. Untuk tutorial ini saya menggunakan pengaturan di rumahweb.com, untuk perusahaan penyedia jasa domain berbayar lainnya caranya juga berbeda. Atau silakan minta kepada penyedia jasa untuk langsung melakukan pengaturan. Mereka dengan senang hati akan membantu.

Mungkin ada diantara pembaca yang bertanya 'Jika minta tolong bisa, kenapa harus repot melakukan pengaturan sendiri?'. Alasannya simpel saja karena hanya persoalan privasi akun email, dengan memberikan password email kepada orang lain akan lebih repot pada saat login dan mengganti ulang password. Proses mengganti domain blogspot ke domain TLD dari pengalaman tidak lebih dari 5 menit jika pada posisi tidak ada gangguan.

Silakan beli domain yang diinginkan, biasanya saat pembelian domain pertama kali agak sedikit susah. Namun jangan khawatir, jika mengalami kesulitan saat order silakan kontak di menu Chat atau menghubungi di nomor yang tersedia.

Menghubungkan Domain TLD Dengan Hosting Blogspot.
Jika sudah membeli domain TLD maka akan mendapatkan pengaturan name server di penyedia domain. Untuk login silakan masukkan email dan password pada saat membeli. Sampai tahap ini kita biarkan saja, sekarang kita kembali ke dasbord Blogspot. Masuk ke menu Setelan. Pada menu Setelan domain pihak ketiga silakan masukkan domain yang sudah di beli sebelumnya. Jika sudah tekan menu Simpan.


Domain ini belum terhubung dengan name server penyedia jasa domain sehingga proses akan gagal seperti pada gambar diatas. Hal ini wajar, silakan kembali ke menu Dasbord di penyedia jasa domain. Setelah masuk ke dasbord clientzone rumahweb silakan pilih pada menu Domain. Tampilannya seperti dibawah ini, pilih pada domain klik pada menu Update Nameservers.


Setelah masuk pada menu Nameservers, ada 4 dengan masing-masing URL yang harus diisi pada tiap kolom. isikan masing-masing dengan URL sebagai berikut :

NAMASERVERS URL
            Nameserver 1
                                      nsid1.rumahweb.com
            Nameserver 2
                                      nsid2.rumahweb.net
            Nameserver 3
                                      nsid3.rumahweb.biz
            Nameserver 4
                                      nsid4.rumahweb.org

Jika semua data URL sudah dimasukkan dengan benar silakan pilih menu Update Nameserves. Pastikan URL sudah diisi dengan benar karena jika salah semua proses tidak akan berhasil. Lanjutkan pada tahap berikutnya yaitu managed DNS.


Saat menekan menu managed DNS akan muncul pemberitahuan yaitu Domain Anda belum terdaftar di sistem DNS kami, untuk memulai klik tombol "START".  Jika sukses makan silakan isikan tombol Add Record for; (Nama domain Anda) seperti pada gambar dibawah ini.


Pada kolom Domain biarkan saja kosong, pada TTL isikan 14400, pada kolom Record Type isikan A dan untuk IP or Hostname isikan dengan tabel dibawah. Silakan tekan menu Add Record. Tunggu hingga muncul tulisan Action Complated Successfully! New record created successfully. Tahapan ini adalah tahapan pertama masih ada 3 tahapan lagi yang harus dilakukan. Untuk tahap ke-2 hingga ke-4 hanya mengganti pada kolom IP or Hostname saja.

Domain
(No. 1)
TTL
(No. 2)
Record Type
(No. 3)
IP or Hostname
(No. 4)

14400
A
216.239.32.21

14400
A
216.239.34.21

14400
A
216.239.36.21

14400
A
216.239.38.21

Sampai tahap ini masih harus memasukkan Record lagi yaitu yang sudah dibuat pada pengaturan Blogspot.  Hanya 2 record saja yang harus dimasukkan. Tahap pertama pada kolom Domain silakan masukkan www, pada kolom TTL masukkan 14400, untuk Record Type masukkan CNAME dan untuk IP or Hostmame isi dengan ghs.google.com. Sama seperti proses sebelumnya setiap akhir harus menekan tombol Add Record.

Add Record kedua sama seperti tahap sebelumnya bedanya pada kolom TTL isikan kode yang sudah di dapat di Google dan pada kolom IP or Hostname juga masukkan data yang di dapat di Google. Data yang dimaksud adalah pada gambar dibawah ini.


Tabel dibawah ini untuk lebih detailnya. Untuk setiap tahapan sekali lagi silakan klik Add Record. Jadi total keseluruhan ada 6 Add Record.

Domain
(No. 1)
TTL
(No. 2)
Record Type
(No. 3)
IP or Hostname
(No. 4)
www
14400
CNAME
ghs.google.com
pzh3donl5ywe
14400
CNAME
gv-p2eanguvpsyl7s.dv.googlehosted.com

Sampai tahap ini proses hampir selesai, silakan masuk kembali ke menu pengaturan di blogspot. Silakan menu Save atau Simpan.

Langkah terakhir pada menu Penerbitan silakan pilih Setelah domain pihak ketiga beri centang pada kolom Alihkan (nama domain) ke www.nama domain. Tujuannya adalah jika mengetik dengan url nama domain saja tanpa www maka otomatis akan di alihkan ke www.nama domain. Proses selesai.

Untuk tahapan pengalihan domain Blogspot ke domain TLD atau berbayar biasanya tidak akan berlangsung lama, sesuai dengan pengalaman saat menekan tombol Simpan otomatis juga selesai. Namun pernah juga berlangsung hingga 1 jam. Jika proses lama artinya butuh waktu bagi Google atau Blogspot untuk mengenali URL baru.

Dalam kasus terbaru adalah untuk pengaturan pengalihan pada saat memberi centang pada kolom Alihkan (nama domain) ke www.nama domain proses selalu gagal. Karena tidak bisa menemukan solusi akhirnya Saya serahkan ke pihak rumah web. Hingga saat ini Saya sendiri juga belum tahu kenapa proses ini gagal. Jika Sobat juga mengalami permasalahan yang sama solusinya silakan gunakan akun Blogspot lainnya, invite akun Gmail lain untuk menjadi Admin Blog. Jika masih gagal silakan kontak Rumah Web.

Silakan sampaikan di kolom komentar jika ada pertanyaan, mari Kita diskusikan bersama. Atau silakan lihat pada video tutorial di bawah ini untuk memudahkan dalam memahami artikel diatas. Jika teman-teman ingin membeli domain dan ingin custom domain tapi masih binggung caranya silakan kontak Kami, jasa layanan ini akan lebih memudahkan bagi teman-teman yang tidak ingin repot membeli domain dan melakukan custom.