Friday, October 14, 2016

Cara Menyadap WhatsApp Tanpa Instal Aplikasi Sadap

Ada banyak pertanyaan yang masuk dari pembaca Blog saya tentang cara menyadap ponsel. Pertanyaan ada banyak namun secara umum beberapa pertanyaan tersebut saya rangkum menjadi 2 garis besar. Pertanyaan pertama adalah bagaimana cara menyadap ponsel dari jarak jauh tanpa instal aplikasi, dan pertanyaan kedua bagaimana cara menyadap ponsel tanpa instal aplikasi.

Untuk pertanyaan pertama ini sudah saya jawab, pada intinya bisa tapi sangat sulit. Bayangkan saja jika cara ini mudah maka orang dengan mudah untuk menyadap pejabat tinggi atau target yang menjadi lawan politik atau pesaing bisnis. Jadi untuk pertanyaan ini tidak semua orang dapat menggunakan dan ada aturan yang ketat. Lebih jelasnya dapat di baca disini.

Pada artikel kali ini Saya akan menjelaskan bagaimana cara menyadap untuk pertanyaan kedua yaitu tanpa harus instal aplikasi terlebih dahulu. Sesuai dengan judulnya untuk aplikasi sadap yang saya bahas ini adalah untuk aplikasi WhatsApp saja. Untuk aplikasi lainnya bisa seperti aplikasi LINE namun untuk penjelasan lengkapnya akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Sebelum memulai artikel ini beberapa syarat mutlak yang wajib dimiliki adalah sebagai berikut:
  1. PC atau Laptop atau Notebook dengan koneksi internet
  2. Target atau ponsel yang ingin di sadap memiliki aplikasi WhatsApp dan Anda harus memiliki akses untuk menghubungkan aplikasi WhatsApp ke Salah satu perangkat bisa PC, Laptop atau Notebook. Untuk jenis Ponsel disini adalah yang dapat menggunakan aplikasi WhatsApp jadi bisa Android, iPhone, Windows Phone, BlacBerry 10, Nokia S60. 
Jika kedua syarat tersebut terpenuhi silakan simak penjelasan lengkap cara menyadap aplikasi WhatsApp tanpa instal aplikasi berikut ini.

(Baca juga : Tiga Cara Pengajuan Kartu Kredit)

PC, Laptop atau Notebook bisa menggunakan Windows atau Macc bisa menggunakan versi berapa saja dengan syarat sudah terinstal aplikasi browser, bisa Google Chrome, Firefox atau lainnya. Saya merekomendasikan menggunakan Google Chrome.

Langkah pertama.
Nyalakan PC, Laptop atau Notebook. buka aplikasi browser Google Chrome silakan buka https://web.whatsapp.com. tampilan akan seperti pada gambar di bawah ini. Ada bar code yang tertera pada gambar. Fungsi dari bar code ini adalah untuk menghubungkan antara Android di Ponsel dengan PC.


Langkah kedua.
Silakan buka aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel target. Buka pada menu chatiing kemudian cari menu WhatsApp Web jika belum ada menu ini silakan update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Untuk tutorial ini saya menggunakan ponsel Android tipe Samsung. Untuk memunculkan menu WhatsApp Web dengan menekan menu sebelah Home. Untuk ponsel jenis lainnya mungkin pengaturannya akan sedikit berbeda.


Langkah ketiga.
Setelah menekan menu WhastApp Web makan akan muncul scaner bar code pada ponsel. Arahkan kotak scaner yang ada di aplikasi WhatsApp ke situs web.whatsapp yang ada di PC. Arahkan kotak tepat pada bar code tersebut.


Tunggu hingga ada getaran pada ponsel dan artinya aplikasi WhatsApp sudah terhubung dengan PC. Jika masih gagal silakan lakukan kembali dengan menekan menu WhatsApp Web di ponsel. Setelah sukses tampilannya adalah seperti pada gambar dibawah ini.


Proses penyadapan selesai. Saat ini aplikasi WhatsApp digunakan di dua perangkat yaitu Ponsel dan PC yang artinya Anda dapat memantau semua percakapan di ponsel target.

Pentingnya untuk diketahui untuk membuka aplikasi web whatsapp di PC gunakan PC, Laptop, Notebook yang sama dan juga dengan browser yang sama yang digunakan untuk login WhatsApp Web. Jangan melakukan instalasi ulang pada PC dan jangan menggunakan aplikasi CC Cleaner untuk PC. Jika kedua hal ini dilakukan maka untuk login Web WhatsApp harus dilakukan ulang.

(Baca juga : Cara update status video di aplikasi WhatsApp)

Apakah ponsel yang di sadap akan menyadari hal ini. Jawabannya akan sangat tergantung dari pemilik ponsel yang di sadap. Jika kebetulan mengotak-atik aplikasi WhatsApp kemungkinan akan tahu namun dari sejumlah survey kecil-kecilan orang di sekitar saya aplikasi Web WhatsApp jarang digunakan meskipun memiliki perangkat PC yang terhubung dengan koneksi internet. Untuk mengetahui ciri aplikasi WhatsApp yang terhubung dengan internet adalah dengan melihat pada menu WhatsApp Web di ponsel. Jika yang muncul bukan scan bar kode artinya sudah digunakan diperangkat PC. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.


Untuk memantau penyadapan silakan buka PC kemudian buka Google Chrome silakan buka kembali URL : web.whatsApp.com, otomatis akan membuka sendiri tanpa harus menyentuh ponsel target dan pada ponsel target tidak akan ada pemberitahuan sama sekali namun hanya akan tampil seperti pada gambar di atas (Komputer aktif). Jika ponsel dalam keadaan mati maka otomatis web.whatsapp juga tidak akan dapat digunakan.

(Baca juga : Cara Menggunakan 2 Aplikasi WhatsApp dalam 1 Ponsel Android)

Pada saat PC dimatikan aplikasi Web,WhatsApp tetap akan dapat diakses setelah menyalakan kembali PC. Dengan syarat ponsel target dalam keadaan hidup dan tanpa harus menyentuh aplikasi WhatsApp di HP target (dari jarak jauh).

Cara diatas sebetulnya adalah cara resmi dari fitur yang di tawarkan oleh WhatsApp yaitu memindahkan penggunaan aplikasi WhatsApp di ponsel ke Web. Jadi dapat dimanfaatkan untuk menyadap. Sekali lagi gunakan cara ini dengan bijak dan tidak untuk tindakan kejahatan. Akhir kata selamat mencoba, sampaikan di kolom komentar jika ada pertanyaan mari kita diskusikan bersama.

Penting : Karena WhastApp Web otomatis tersinkron di Ponsel maka jika ada chat baru yang masuk jangan di buka karena jika dibuka secara otomatis tampilan di ponsel juga akan terbuka. Silakan baca pesan setelah pesan baru tersebut di baca atau status read (terbaca).

No comments:

Post a Comment