Friday, March 17, 2017

Ganti Password WiFi Speedy Susah. Ikuti langkah ini

Mengganti password WiFi Speedy atau Indihome satu bulan terakhir ini sangat sulit. Pada saat masuk ke 192.168.1.1 selalu gagal dengan pemberitahuan tidak dapat di akses atau loading lama. Nyaris tidak bisa masuk sama sekali. Permasalahan ini ternyata juga banyak di alami oleh pengguna Speedy lainnya terbukti dari banyaknya keluhan yang di sampaikan di komentar blog saya.

Saya memiliki artikel yang kebetulan membahas cara mengganti password speedy. Biasanya jika loading lama cukup mematikan modem dan restart PC sudah bisa masuk ke situs TP Link modem yang saya gunakan. Karena selalu gagal saya coba kontak Telkom dengan menyampaikan keluhan via Twitter ke @TelkomCare. Petugas Telkom datang dan memperbaiki sehari setelah menyampaikan keluhan. Permasalahan selesai.

Permasalahan utama saat mengganti password Wifi Speedy ini adalah pada modem. Menurut teknisi telkom modem yang Saya gunakan error. Hal ini adalah wajar terjadi jika usia modem cukup lama. Sejak pertama hingga saat ini Saya masih menggunakan modem bawaan dari Telkom. Solusinya sangat mudah, cukup restart saja modem proses selesai. Caranya adalah dengan menekan tombol yang ada pada bagian belakang modem. Tombol ini posisinya ada pada lubang jadi untuk melakukan hard reset dengan mecolok pada lubang selama 3 detik hingga semua lampu indikator mati kemudian menyala kembali.

Jika sudah dilakukan Hard reset artinya pengaturan modem kembali ke awal atau pada saat instalasi. Koneksi internet akan mati dan harus di lakukan pengaturan ulang dengan masuk IP addres 192.168.1.1. Jadi sebelum melakukan proses Hard reset satu hal penting adalah siapkan username dan password bawaan yang di dapat pada saat pertama kali melakukan instalasi Speedy atau Indihome. Untuk di catat IP addres ini akan berbeda untuk merek atau tipe modem yang di gunakan.

Password dan username ada pada selembar kertas yang di dapatkan pada awal instalasi. Contoh kertas yang di maksud seperti pada gambar di bawah ini. Pada bagian berwarna hitam di dalam nya ada password bawaan yang terdiri dari kombinasi 10 huruf dan angka.


Sedangkan yang di maksud dengan username adalah 12 digit angka yang terdapat di kiri atas, nomor ini yang digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan Speedy. Jika kertas ini hilang ada cara lain untuk mendapatkan username dan password.  Cara ini harus menggunakan PC yang terhubung dengan koneksi LAN speedy atau Indihome. Untuk penjelasan detailnya silakan baca di sini.

Saya anggap Anda sudah mendapatkan username dan password bawaan Speedy. Sekarang kita masuk ke pengaturan awal untuk modem. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

(Baca =  Review Aplikasi Sadap Mspy Untuk Android & iOS)

Langkah #1
Buka browser bisa di PC atau smartphone yang terhubung dengan WiFi atau LAN Speedy. Jika sudah silakan ketik IP Addres 192.168.1.1, harusnya sudah bisa log in ke menu TP Link. Jika modem berbeda serinya silakan cek berada default IP addesnya caranya klik pada menu search di PC ketik cmd kemudian tekan enter.

Jika sudah masuk silakan ketik ipconfig kemudian tekan enter. Cari di menu nanti akan ada IP addres default dari modem yang digunakan.

Langkah #2
Masuk ke menu Interface Setup kemudian pada kolom Virtual Circuit pilih PVC1, untuk VPI masukkan angka 8 dan untuk VCI masukkan angka 81.

Lanjut ke kolom PPPoE/PPPoA. Karena sudah di reset maka pada kolom ini akan kosong. Silakan isi pada kolom username dengan 12 digit angka yang terdapat di kiri atas di tambah dengan @telkom.net. Sebagai contoh seperti ini 143412345678@telkom.net. Pada kolom password isikan sesuai yang tertera di selembar kertas bawaan dari Speedy.


Langkah #3
Geser kursor kebawah temukan menu Default route pastikan pastikan sudah pada posisi tulisan Yes. Lihat pada gambar di bawa ini.


Langkah terakhir silakan tekan menu SAVE. Silakan matikan modem kemudian nyalakan lagi. Tunggu hingga semua lampu indikator menyala. Jika sudah menyala artinya sambungan Speedy sudah terkoneksi kembali.

Langkah #4
Untuk mengganti password dan username Speedy atau Indihome silakan masuk ke menu Silakan klik pada menu Interface Setup kemudian pilih menu Wireless. Petunjuk lengkap untuk mengganti password dan username silakan baca artikel lengkapnya di sini.

Proses selesai. Jika ada pertanyaan atau kesulitan dalam melakukan pergantian username dan password Speedy atau Indihome silakan sampaikan dalam kolom komentar. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment