Friday, July 15, 2016

Cara Mudah Mengganti Password WiFi Speedy

Sebelum membahas tutorial cara mengganti password WiFi Speedy, Saya akan sedikit membahas mengenai layanan Speedy, untuk sekedar pengetahuan saja bagi pengguna Telkom Speedy. Layanan Speedy saat ini sudah berganti nama menjadi IndiHome, perubahan nama ini juga mengganti paket internet dari semula 512 Kb kini dihilangkan dengan paket internet yang tersedia minimal 1 Mb. Layanan IndiHome juga menggabungkan internet dengan layanan televisi berbayar. Keseluruhan layanan ini dibagi menjadi 5 yaitu Internet Fiber, Interactive TV, OTT TV, Phone, Package.

Meski layanan minimal 512 Kb dihilangkan namun bagi pengguna layanan Speedy ini masih dapat menggunakan tanpa harus bermigrasi ke paket 1 Mb. Bagi yang ingin mengganti layanan dari Speedy 512 Kb ke IndiHome 1 Mb dapat dilakukan dengan menghubungi Plaza Telkom terdekat di kota Anda.

IndiHome saat ini dapat di katakan menguasai jaringan internet di Indonesia, meskipun dengan datangnya pesaing baru namun tidak banyak mempengaruhi. Hal ini tidak lepas dari jangkauan layanan ini hingga ke pelosok desa, asal ada jaringan kabel Telkom maka pelanggan dapat menggunakan layanan IndiHome.

(Baca juga : Koneksi Speedy atau IndiHome Mati Hubungi @TelkomCare)

Keunggulan ini berimbas pada mahalnya biaya paket bila dibandingkan dengan perusahaan lain. Sebagai contoh perusahaan lain menerapkan biaya berkisar Rp. 250.000 untuk paket internet dengan speed 8 Mb, untuk harga yang sama IndiHome hanya memberikan paket internet dengan kecepatan 2 Mb. Sayangnya untuk perusahaan lain ini hanya menjangkau daerah perkotaan besar saja.

Kembali ke topik utama dari artikel ini. Untuk mengganti password Wifi Speedy atau IndiHome hal penting pertama yang harus diketahui adalah melihat jenis modem yang digunakan. Jenis modem untuk Speedy sekitar tahun 2014 adalah TP Link. Untuk modem IndiHome saat ini terus terang Saya sendiri tidak terlalu paham. Untuk melihat jenis modem yang digunakan silakan lihat di bagian bawah modem bawaan dari IndiHome, pada bagian bawah akan tertera jenis modem dan tipe serta username dan password yang digunakan pada saat log in ke menu utama. Jenis modem yang saya gunakan adalah TP LINK TD-W8951ND.


Pada gambar bagian belakang modem diatas tertera tulisan Default Settings
  • IP : 192.168.1.1
  • Username : admin
  • Password  : admin

IP, username dan password diatas adalah yang nantinya digunakan untuk masuk ke pengaturan penggantian password WiFi Speedy. Catat di kertas dan proses selanjutnya adalah masuk ke pengaturan utama Speedy atau IndiHome.

(Baca juga : Cara Mengetahui Nomor Speedy / IndiHome dan Password)

Untuk mengganti password Speedy atau IndiHome silakan gunakan komputer atau Laptop yang terkoneksi dengan sambungan kabel / LAN Speedy atau IndiHome. Jika tidak terkoneksi atau hanya terkoneksi dengan WiFi maka proses pergantian password tidak dapat dilakukan.

Silakan buka browser yang ada di PC, bisa Chrome atau lainnya. Ketik di browser yaitu 192.168.1.1 kemudian tekan Enter. Biasanya masalah utama adalah tidak dapat masuk ke menu utama untuk memasukkan username dan password. Untuk solusi jika loading lama silakan matikan terlebih / restart PC, lakukan hal yang sama untuk modem, matikan modem kemudian nyalakan saat PC sudah dalam posisi On.


Saat muncul tulisan Diperlukan Otentikasi silakan isi pada menu Nama Pengguna dengan : admin, dan untuk Sandi juga dengan : admin. Jika sudah silakan tekan menu Log In. Jika sukses login maka tampilan akan seperti pada gambar di bawah ini.


Silakan klik pada menu Interface Setup kemudian pilih menu Wireless. Jika menu Wireless tidak muncul silakan nyalakan terlebih dahulu opsi Wifi, tombol untuk menyalakan ada pada bagian belakang modem.

(Baca juga :  Cara Mengatasi Koneksi Internet Mati pada Modem Speedy/IndoHome)

Geser kursor kebawah temukan menu SSID, menu ini adalah nama WiFi yang tampil. Jika ingin mengganti nama silakan ganti sesuai yang diinginkan. Untuk mengganti password WiFi Speedy atau IndiHome silakan cari menu Pre-Shared key pda kolom sebelah kanan silakan ganti password WiFi sesuai dengan keinginan. Jika semu sudah sesuai silakan geser lagi kursor ke bawah silakan tekan menu Save. Password WiFi Speedy atau IndiHome sudah terganti. silakan close saja browser pada menu TP Link.

Permasalahan yang utama pada saat mengganti password WiFi Speedy atau IndiHome biasanya adalah pada jenis modem yang digunakan. Semua tipe TP Link pengaturan username dan passwordnya sama. Untuk modem jenis lain silakan browsing untuk mengetahui IP, Username dan Password bawaan.

Jika terjadi masalah yaitu tidak bisa masuk ke situs TP Link atau modem jenis lainnya. Silakan baca tutorial lengkapnya di sini. Selamat mencoba silakan sampaikan dalam kolom komentar jika ada pertanyaan.

(Baca juga : Pengalaman Berlangganan Paket Internet dan TV Kabel MNC MediaPlay)

Lebih detail penjelasan mengenai cara mengganti password WiFi Speedy atau IndiHome silakan simak pada video tutorial di bawah ini.


No comments:

Post a Comment