Tuesday, December 18, 2018

Perbedaan Paypal Goods and Services dengan Friends and Family

Saat ini Paypal termasuk salah satu metode pembayaran internasional teraman. Meskipun membuat akun paypal semudah membuat akun email namun dalam hal transaksi Paypal sangat ketat. Semua transaksi yang ada di PayPal bisa di lacak historinya. Berbeda dengan bank konfensional transaksi di paypal bisa di lakukan komplain sehingga memungkinkan dana akan di kembalikan penuh jika di lain hari terdapat masalah saat transaksi.

Bagi yang baru membuka rekening Paypal mungkin pernah mendapati transaksi di tolak atau bahkan yang lebih parah akun di tangguhkan. Paypal dalam hal ini juga ketat dalam hal histori transaksi. Tidak bisa akun baru saat itu juga bisa melakukan transaksi dalam jumlah besar misal 100 USD. Untuk akun baru sebaiknya di gunakan untuk melakukan transaksi dengan nilai di bawah 5 USD.

Seperti alat pembayaran lainnya Paypal bisa mengirim atau menerima dana. Karena sifatnya internasional dengan mata uang seluruh negara di dunia maka ada aturan tersendiri saat melakukan transaksi. Berikut ini jenis transaksi yang ada di paypal

Goods and Services
Dalam bahasa Indonesia pembayaran ini dapat di artikan Membayar untuk Barang dan Jasa. Jenis pembayaran ini meliputi transaksi atau membeli langsung melalui website atau juga melalui link akun paypal.

Kelebihan dari transaksi ini adalah adanya perlindungan konsumen. Suatu saat jika pembayaran atas suatu barang atau jasa tidak di kirim maka kita bisa melakukan komplain dan uang akan di kembalikan. Berdasarkan pengalaman Kami selama ini semua transaksi yang bermasalah dan di komplain Kami menangkan.

Metode pembayaran ini di kenakan biaya fee yang di tagihkan ke penerima dana atau si penerima pembayaran. Misal Kita membeli barang senilai 10 USD maka si penerima dana hanya akan menerima dana sebesar 8 USD. Hal ini berlaku seluruh dunia.

Friend and Family
Jenis pembayaran ini kebalikan dengan Goods and Services yaitu tidak ada perlindungan pembayaran. Seperti namanya metode pengiriman dana ini di tujukan ke Teman dan Saudara jadi tidak membutuhkan perlindungan.

Jika melakukan transaksi dengan metode ini sebaiknya memang harus berhati-hati. Kenali terlebih dahulu si penerima dana jika kebetulan akan melakukan transaksi terutama ke penjual dari luar negeri.

Perbedaan lainnya adalah pembayaran dengan metode ini juga tergantung dengan wilayah atau negara. Satu contoh misal akun Paypal pengirim dan penerima dana adalah sama sama orang Indonesia tidak akan di kenakan biaya fee sama sekali. Namun sebaliknya jika lintas negara akan di bebankan fee yang akan di tanggung si pengirim dana. Misal mengirim dana dari akun paypal Indonesia ke akun PayPal dari negara China sebesar 10 USD maka akan di bebankan fee sehingga total yang harus di kirim adalah 14 USD.

Fee pembayaran ini juga berbeda untuk transaksi langsung dengan kartu kredit atau menggunakan saldo paypal dimana untuk kartu kredit nilai fee yang di bebankan juga relatif tinggi.

Meskipun metode ini tidak ada perlindungan namun tidak semua transaksi akan semudah yang kita bayangkan. Misal Kita menerima dana dari hasil penjualan suatu barang atau jasa dengan nilai nominal besar di atas 500 USD, ada kemungkinan dana tersebut akan di tahan dalam jangka waktu 1 hari untuk memastikan bahwa dana tersebut benar-benar aman.

Paypal mungkin bisa di anggap ribet bagi sebagian orang namun dalam hal keamanan paypal sangat bisa di andalkan dan bisa menjadi metode pembayaran yang bisa di andalkan. Pastikan akun Paypal benar-benar detail mulai dari data nomor akun sesuai dengan KTP untuk menghindari masalah suatu saat ini. Bagi pembaca yang memiliki pertanyaan seputar transaksi Paypal atau apa saja terkait akun paypal silakan tinggalkan komentar kita bahas bersama.

No comments:

Post a Comment