Monday, July 18, 2016

Sekilas Tentang Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO sudah bukan hal asing bagi para publiser atau orang yang berkecimpung di dunia website atau Blog. Sederhananya pengertian dari SEO adalah memaksimalkan kata kunci tertentu dalam mesin pencari. Mesin pencari disini sangat beragam, yang paling dikenal adalah Google. Jenis mesin pencari lainnya yang cukup di kenal adalah Yahoo atau Bing dan masih banyak lagi.

Kata Kunci yang dimaksud disini adalah bisa judul Blog, judul artikel atau nama domain. intinya setiap kata kunci pada blog atau website di optimalkan agar menang dalam persaingan di mesin pencari. Jika menggunakan mesin pencari Google setidak-tidaknya masuk dalam pages 1 atau halaman pertama.

Tujuan utama dari SEO adalah meningkatkan trafik Blog / Website atau jumlah visitor, semakin banyak jumlah visitor maka otmatis akan mempengaruhi baik dan tidaknya Blog/Website. Jika menggunakan blog untuk berjualan on line semakin tinggi visitor konversi jualan produk atau jasa akan semakin tinggi juga.

Apakah Search Engine Optimization mutlak diperlukan? Jawabannya bisa Tidak bisa juga Ia. Untuk blog atau website perusahaan besar tidak harus menggunakan SEO cukup dengan beriklan di media televisi maka brand atau nama perusahaan (situs perusahaan) akan mudah dikenali dan visitor tidak lagi mencari di mesin pencari namun cukup mengetik alamat website di browser.

Contoh mudahnya perusahaan yang sering menggunakan media televisi sebagai media iklan Website adalah perusahaan jasa hotel dan tiket yang sering melakukan iklan di musim mudik lebaran seperti saat ini.

Saya sendiri menggunakan metode SEO untuk meningkatkan jumlah visitor Blog. Caranya juga sangat beragam, namun Saya lebih sering menggunakan cara natural karena akan lebih aman. Tentunya cara ini relatif lebih lama dan membutuhkan banyak tenaga. Secara umum cara ini Saya bagi dalam beberapa kategori yaitu sebagai berikut.

Optimasi Judul Blog.
Judul Blog , Domain dan artikel akan sangat mempengaruhi persaingan dalam kata kunci Blog. Untuk mengetahui kata kunci yang sering di cari dimesin pencari Google dapat menggunakan bantuan Google Keyword Planner.

Gunakan kata kunci baik itu domain, judul blog sesuai dengan yang tertera di Google Keyword Planner. Sebagai contoh adalah kata kunci untuk domain on keyword adalah Mobil Remote Control yang saya gunakan untuk domain www.mobilremotecontrol.net. Untuk pembahasan lebih detail tentang Google Keyword Planner silakan baca artikelnya disini. 

Gunakan Artikel Unik
Artikel dalam blog sangat berpengaruh pada kualitas blog karena itu artikel sangat penting. Di dunia blog dikenal dengan artikel unik yang artinya kurang lebih artikel ini berbeda dengan artikel yang sudah ada sebelumnya. kriteria artikel unik lainnya adalah dilihat dari jumlah karakter kata. Biasanya terdiri dari 200 kata, 400 kata, atau 1.000 kata. Semakin banyak kata semakin baik.

Banyak publiser atau Blogger dalam SEO lebih mengutamakan artikel. Tidak memperhatikan teknik lain seperti Backlink dan lainnya. Sistem atau cara kerja blog atau SEO adalah dengan kata kunci, jadi secara alami jika kata kunci atau artikel dalam blog banyak otomatis akan berpengaruh juga pada SEO blog.

Penggunaan artikel mutlak diperlukan untuk blog. Usahakan sebulan minimal mengupdate 4 artikel, jika memungkinkan minimal sehari update 5 artikel. Lebih detail penjelasan mengenai cara menulis artikel blog yang baik dapat dibaca disini.

Menggunakan Backlink.
Backlink digunakan untuk blog yang masih baru atau belum banyak vistor. Namun demikian untuk blog yang jarang di update backlink juga sangat baik untuk menambah vistor.  Backlink di dapat dengan banyak cara salah satunya adalah meninggalkan link pada komentar blog. Untuk komentar ini hal penting untuk diketahui adalah pada blog dengan peringkat baik jika memungkinkan sudah memiliki Page Range (PR).

Jika ingin menggunakan jasa berbayar untuk mendapatkan backlink silakan menggunakan jasa Paid Review atau memasang banner di Blog orang lain. Biasanya tarif nya juga beragam. Untuk Blog berbahasa Indonesia biasanya jasa Paid Review sebesar 150-200 ribu. Sama halnya untuk biaya pemasangan banner.

Backlink ada beragam, mulai dari Blog, social media dan lainnya. Penjelasan lebih lengkap mengenai backlink dapat di baca di artikel Pentingnya Backlink Untuk SEO Blog.

Beriklan di Google Adwords.
Cara ini sama dengan beriklan di media televisi dan pastinya juga berbayar. Besarnya nilai iklan ini juga bervariasi tergantung dari Budjet yang dimiliki. Untuk iklan Aswords ini akan tampil pada mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang di ketik. Sebagai contoh jika mengetik dengan kata kunci Toyota Semarang, maka iklan akan muncul di sisi atas sebelum Blog atau pada sisi bawah dan kanan.

Nilai iklan Google Adwords saat ini yang termurah adalah Rp. 3.500.000 untuk satu bulan. Perlu diketahui Google Adwords juga tidak akan mempengaruhi SEO Blog jadi selama iklan berakhir maka otomatis tidak berpengaruh ke SEO.

Beriklan di Social Media.
Sosial media disini sangat beragam, bisa menggunakan iklan Facebook atau Twitter. Sama seperti Google Adwords trafik blog juga akan kembali normal jika tidak lagi menggunakan iklan. Artinya trafik blog akan sangat bergantung dari iklan.

Ada banyak jasa penyedia iklan Facebook dan Twitter. Tarif dan biaya juga sangat beragam, biasanya nilai tarifnya adalah 25% dari nilai iklan. Jadi jika budget yang digunakan Rp. 3.000.000 maka biayanya adalah Rp. 750.000.

Tidak harus menggunakan jasa iklan sosial media untuk beriklan dengan media sosial seperti Facebook. Saat ini beriklan di Facebook juga tidak terlalu repot dengan menggunakan kartu kredit. Ada banyak sistem pembayaran yang dapat digunakan tanpa harus memiliki Credit Card bahkan rekening bank, cukup menggunakan pembayaran dengan pihak ketiga.

Demikian informasi singkat tentang SEO, karena Saya sendiri tidak ahli dalam SEO namun cuma berdasarkan pengalaman saja mungkin tidak sesuai dengan para master SEO. Jika ada tambahan atau pertanyaan dapat di sampaikan di kolom komentar, mari kita bahas bersama.

No comments:

Post a Comment